Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sample Text

Sample text

Saturday 18 August 2012

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri selalu kita lafazkan ketika akan menunaikan rukun Islam yang ke tiga. Adapun urutanrukun islam yaitu:

MENGUCAP DUA KALIMAH SYAHADAT
“ Akubersaksi bahawa tiada tuhan yang layak disembah melainkan Allah dan Nabi Muhamad itu adalah utusan Allah ” Dengan Syahadatain, yaitu, kita mengabdikan diri dengan hati sanubari dan dengan pengakuan lidah kita bahawa Tuhan yang Maha Esa itu adalah Allah s. w. t. dan Nabi Muhamad s. a.w. itu adalah utusannya.

SOLAT LIMA WAKTU SEHARI SEMALAM, yaitu, dengan sembahyang, kita mengabdikan seluruh tubuh badan kita menyembah kepadaNya. Mulai dari lidah membaca, tangan bergerak, mata, telinga, dan fikiran terpusat dengan mengikut susunan rukun sembahyang yang diajarkan oleh  Nabi Muhammad s. a. w.

MENGELUARKAN ZAKAT , yaitu, dengan zakat, kita mengabdikan diri kepada Tuhan dengan menyerahkan sebahagian harta milik kita kepada mereka yang berhak menerimanya menurut agama.

BERPUASA PADA BULAN RAMADHAN , yaitu, dengan berpuasa, kita mengabdikan hawa nafsu dan keinginan kita kepada Allah.

Dengan menahan nafsu makan dan minumserta menjauhi segala laranganNya ,secara tidak langsung akan melahirkan rasa keinsafan di dalam keperibadian kita serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah s. w. t.

MENGERJAKAN HAJI DI BAITULLAH , yaitu, dengan mengerjakan Haji, kita menyembah Allah dengan harta kekayaan milik kita, dan mengunjungi ke Baitullah bagi mereka yang berkemampuan sekurang-kurangnya sekali seumur hidup.

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri untuk dirisendiri.

Dibaca    :  NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘ANNAFSII FARDHAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat
fitrah atas diri saya sendiri, Fardhu karena
Allah Ta’ala

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri Untuk Istri Kita

Dibaca    :  NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN ZAUJATII FARDHAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat
fitrah atas Istri saya, Fardhu karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitriuntuk anak laki-laki atau perempuan.

Dibaca    :  NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN WALADII… / BINTII… FARDHAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat
fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) / anak perempuan saya (sebut namanya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri untuk orang yang kita wakili.

Niat zakat Fitrah Idul Fitri untuk Orang Tua

Dibaca    :  NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL
FITHRI ‘AN (……) FARDHAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat
fitrah atas…. (sebut nama orangnya),Fardhu karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri untuk diri sendiri dan untuk semua orang yang ia tanggung nafkahnya.

Dibaca    :  NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL
FITHRI ‘ANNII WA ‘AN JAMII’I MAA YALZAMUNII NAFAQAATUHUM SYAR’AN FARDHAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat
atas diri saya dan atas sekalian yang saya dilazimkan (diwajibkan) memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala

semoga bisa menyempurnakan amalan ibadah kita.
Amin..


0 komentar:

Post a Comment