Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sample Text

Sample text

Wednesday 9 December 2015

Contoh Skenario

Berikut contoh naskah / skenario yang saya buat sendiri dalam rangka pelatihan. Sebenarnya naskah ini adalah hasil bincang bersama teman yg berkeinginan membuat film lokal di daerah tempat saya tinggal. Namun hingga sekarang hal tersebut bekum terwujud karena kesibukan masing-masing dan kondisi kerja saya yang harus keluar kalimantan.Karena ini adalah film lokal, Jadi penggunaan bahasanya adalah merupakan dialog berbahasa ibu (Bahasa Melayu Sekadau). Namun saya rasa itu bukan masalah karena disini yg kita pelajari adalah struktur dari skenario tersebut. Saya bukan orang yg berkompeten dalam hal ini, hanya ingin berbagi saja, berikut contoh skenario film "Buntat Igik Gotah"



SKENARIO
SCENE 1
INT.RUMAH RAFIK,PAGI
Cast : -
Treatment : Suara ayam berkokok bersahutan, matahari pagi kian menampakkan diri, jam yang menempel di dinding kayu lapuk sudah menunjukan pukul 05:30 Pagi, sementara RAFIK masih dengan pulasnya tidur dan bermimipi bercumbu dengan LIA. Namun tiba-tiba saja ia terbangun dan terkejut, tubuhnya basah kuyup tersiram air yang setiap pagi ia dapatkan dari ibunya yang selalu mengomel.
Shoot 1 :
FADE IN
Matahari terbit , pengambilan gambar dari tengah sungai Kapuas.
CUT TO
Shoot 2:
FADE IN
kamera mengarah ke jam dinding.
CUT TO




















SCENE 2
INSERT. EXT.AREA BATU TINGGI,SORE
Cast: RAFIK, Lia, Penjala dan Anak Penjala
Treatment :
Sore yang sunyi namun tetap terasa suasana romantis, angin bertiup perlahan menggugurkan dedaunan dan jatuh. Hanya terlihat seorang lelaki paruh baya sedang menjala ikan di sungai. LIA dan RAFIK duduk saling berhadapan,saling menatap mesra namun malu,terdiam beberapa saat, RAFIK menggapai tangan LIA dan menyatakan perasaannya kepada LIA.
Shoot 1 :ESTABILISH
PEMANDANGAN AREA SEKITAR BATU TINGGI
CUT TO
Shoot 2 :DEDAUNAN BERGUGURAN DARI POHON BUNGGUR
CUT TO

Take 1 :
ESTABILISH
Seorang laki-laki sedang mengayunkan jalanya dari atas perahu yang dikemudikan oleh anak kecil.
CUT TO

Take 2 :
ESTABILISH
RAFIK dan LIA duduk saling berhadapan
CUT TO
Shoot 1:
CAMERA MOVE  TO  (CLOSE UP )

LIA tersenyum mesra namun sedikit malu,ia tersipu(PAUSE,TEXT,PENGENALAN TOKOH)
CUT TO

Shoot 2 :
CAMERA MOVE TO (CLOSE UP)
RAFIK tersenyum bahagia dan percaya diri
FADE IN
(PAUSE,TEXT,PENGENALAN TOKOH)


CON’T PAGE 2
Take 3 :
RAFIK  (Tangan RAFIK perlahan Menggapai tangan LIA dan memegangnya dengan kedua tangannya matanya menatap mesra dan sedikit memohon)
(VO)
 “ LIA, ABANG BAH DAH LA…MA…. AM NAK MADAHKAN PERIHAL TUK KE LIA”
Shoot 1: CLOSE UP TO TANGAN RAFIK MENGGAPAI TANGAN LIA
Shoot 2 : Ekspresi wajah merayu RAFIK
CAMERA MOVE TO LIA(CLOSE UP)

LIA ( Menatap malu tapi mau, tersipu dan antusias dengan apa yg RAFIK ucapkan)
“MADAHKAN APAI BANG ??”
Shoot 3 : EKSPRESI MALU-MALU MAU LIA
Shoot 4 : CLOSE UP TO LIA SEDANG BERBICARA

RAFIK (Agak tergagap dan Nervous )
“ANUK BAH YA….HMMM….YAK DEH….(MENGGARUK KEPALANYA,BINGUNG)
Shoot 5: CLOSE UP TO RAFIK SEDANG BERBICARA
CAMERA MOVE TO LIA

LIA ( Menatap RAFIK dengan ekspresi heran)
“PADAH JAK BAH BANG….MADA APAI BAH “
Shoot 6 : CLOSE UP TO LIA
CAMERA MOVE TO RAFIK

RAFIK
“ ABANG BAH YA, SAJA KASIH….. BONAR AM DENGAN LIA”
“MAUK MADA LIA JADI KAWAN SEIDUP SEMATI ABANG?”
Shoot 7 : ESTABILISH TO LIA DAN RAFIK DUDUK BERHADAPAN SAMBIL BERPEGANG TANGAN
DISSOLVE TO









SCENE 3:
INT. KAMAR TIDUR RAFIK, PAGI
Cast : RAFIK, Ibu RAFIK

Take 1
Ibu RAFIK berdiri di depan pintu kamar RAFIK memandang marah RAFIK yang masih pulas tertidur.
Shoot 1 : CLOSE UP TO TANGAN MEMEGANG EMBER BERISI AIR,SEEMBER AIR TERSIRAM KE TUBUH RAFIK YANG SEDANG TERTIDUR DI KASUR.
CUT TO

Take 2
RAFIK terkejut dan bangun,ekpresi lugu dan sedikit dungu ia langsung bangun,menggaruk-garuk kepalanya.
Shoot 1 : FULL SHOT TO RAFIK
Shoot 2 : CLOSE UP TO EKSPRESI RAFIK
CAMERA MOVE TO IBU RAFIK

Take 3
FADE IN
IBU RAFIK bersedekap memandang RAFIK dengan ekspresi gahar,dengan ember di tangan kananya ia bicara dengan suara keras dan bernada marah.
“RAFEEEEKKK, ANGKAT….MOTONG”(TEXT,PENGENALAN TOKOH)
Shoot 1: ESTABILISH
Shoot 2: CLOSE UP
FADE OUT

















SCENE 4
EXT. JALAN DARI RUMAH RAFIK MENUJU SUNGAI,PAGI
Cast : RAFIK,Lia
Treatment :
Dengan wajah lesu RAFIK berjalan menuju sungai untuk pergi menyadap karet ke kebun,dengan dayung ditangan kanannya, dipinggangnya terikat sebilah parang serta takin terselempang di tubuhnya.

Take 1 :
RAFIK(sambil berjalan Dengan wajah kusut dan lesu)
“TIAP HARI….MOTONG…KE MOTONG..”
Shoot 1 :  ESTABILISH
CUT TO

Dengan gemulai dan bersahaja LIA berjalan,mukena terlipat rapi ditangan kanannya
Shoot 2 : ESTABILISH

Take 2 :
RAFIK (Terkejut melihat LIA di jalanan,merapikan penampilannya dan tersenyum berlagak manis)
“LIA….PULANG DARI SURAU KAH ??”
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2 : ESTABILISH,ANGLE : DARI PUNGGUNG RAFIK
CUT TO

Take 3 :
LIA ( dengan santun dan tatapan sopan,menjawab RAFIK dengan senyum manisnya)
“AOK BANG….TURUN MOTONG KAH BANG RAFIK ??”
Shoot 1 : CLOSE UP TO LIA

RAFIK(tersenyum nervous)
“AOK YA…”
Shoot 2 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 3 : ESTABILISH







CON’T PAGE 5
Take 4 :
ESTABILISH
RAFIK terus bejalan menuju sungai tempat sampannya ia tambatkan,ia bejalan lurus namun matanya tertuju pada LIA yang terus berlalu dihadapannya. Tanpa ia sadari, tepat di depannya terdapat pagar dan ia pun menabrak pagar tersebut karena terlalu memperhatikan LIA.
Shoot 1 : ESTABILISH TO RAFIK BERJALAN MENDEKATI PAGAR DENGAN MATA TERTUJU PADA LIA
CUT TO
Shoot 2 : MIDLE CLOSE UP TO LIA YANG SEDANG BERJALAN DENGAN JARAK 5 METER DARI RAFIK, PENGAMBILAN GAMBAR DARI BELAKANG RAFIK.
CUT TO
Shoot 3 : ESTABILISH TO RAFIK MENABRAK PAGAR
CUT TO

Take 5 :
RAFIK (ekspresi kesakitan karena menabrak pagar)
“AKAI….”(Sambil mengusap-usap kakinya yang menendang pagar tanpa sengaja)
Shoot 1 : CLOSE UP TO KAKI RAFIK YANG SEDANG DI USAP-USAPNYA KAREA KESAKITAN.
Shoot 2: CLOSE UP TO EKSPRESI KESAKITAN NAMUN SEDIKIT TERLIHAT LUCU.
FADE OUT
INSERT,
FADE IN
ESTABILISH VIEW DESA TANJUNG DARI MUARA SUNGAI SEKADAU
MAIN TITLLE  FILM (ANAK  KAMPONG TANYONG-Buntat Igik Gotah)
FADE OUT










SCENE 5
EXT.TEPI SUNGAI,PAGI
Cast : RAFIK, Minah
Treatment :
Dengan santai sambil bersiul RAFIK mengayuh perahunya menuju kebun karet,setelah beberapa saat Minah yang sedang mencuci pakain di sungai menegur RAFIK dengan nada menggoda , RAFIK hanya melirik ketus lalu membuang muka.
Take 1 :
RAFIK mengayuh perahu sambil bersenandung kecil,bersiul dan melihat sekitar.
Shoot 1 : CLOSE UP
Shot 2 : ESTABILISH

Take 2:
MINAH (menatap foto RAFIK yg tertempel di dinding kamarnya dengan mesra)
(O.S) MINAH
“ABANG RAFIK…MINAH BESOSAH LOK BAH…”(MELAMBAIKAN TANGANNYA KE ARAH FOTO)
Shoot 1: CLOSE UP TO FOTO RAFIK,CAMERA DARI BELAKANG MINAH
Shoot 2: CLOSE UP TO MINAH MELAMBAIKAN TANGAN KE FOTO RAFIK(TEXT,PENGENALAN TOKOH)
FADE OUT

Take 3 :
MINAH membawa baskom penuh cucian ke arah sungai
Shoot 1 : MIDLE CLOSE UP TO MINAH
Shoot 2: ESTABILISH,KAMERA DARI BELAKANG MINAH
FADE OUT

Take 4 :
MINAH meletakann cuciannya di lantai Lanting,ia menyelipkan rambutnya dan mulai mencuci
FADE IN
Shoot 1 :ESTABILIS TO MINAH MELETAKAN BASKOM
Shoot 2 :CLOSE UP TO MINAH
CUT TO




CON’T PAGE 7
Take 4:

Minah yang sedang mencuci pakaian di tepi sungai  terpesona melihat RAFIK,serba salah ia merapikan diri.
Shoot 1 : ESTABILISH
Shoot 2 : CLOSE UP
CUT TO

Take 5 :
MINAH ( Senyum sumringah,bicara lemah lebut dan penuh perhatian)
“ABANG RAFIK TURUN MOTONG KAH ??, BELUBAH BANG  RAFIK….KOLAK NGERADAK KAYU”
Shoot 1 : KAMERA FOCUS KE MINAH, PENGAMBILAN GAMBAR DARI SAMPING KANAN RAFIK.

RAFIK masa bodoh dengan teguran MINAH,terus berlalu dan bersiul.
Shoot 2: CLOSE UP

Minah menyirami air ke arah RAFIK,ia menggodanya
Shoot 3 : ESTABILISH

Dengan ekspresi jengkel RAFIK hanya melirik saja ke arah Minah dan berlalu begitu saja.
Shoot 4 : CLOSE UP
FADE OUT
















SCENE 6
EXT. KEBUN KARET, PAGI
Cast : RAFIK

Take 1 :
RAFIK menepikan sampan dan mengikat tali sampannya ke tambatan di tepi sungai kebun karetnya
Shoot 1 : ESTABILISH
FADE OUT

Take 2 :
Sambil bersenandung kecil RAFIK menyadap tiap batang pohon karet yg ada di kebunnya
FADE IN
Shoot 1 : CLOSE UP KAMERA FOCUS KE BATANG KARET YG RAFIK SADAP

Take 3 :
Berjalan menuju tempat istirahat di kebunnya
Shoot 1 : ESTABILISH ,PENGAMBILAN GAMBAR DARI DEPAN SAMPING KIRI

Take 4 :
RAFIK beristirahat setelah selesai menyadap semua batang karet di kebunnya.Ia bersandar lelah pada tiang pondok peristirahatannya sambil mengipas-ngipaskan  selembar daun yg cukup lebar untuk menhilangkan gerah.
Shoot 1 : ESTABILISH

Take 5 :
RAFIK menyeka keringat di dahinya,seketika perhatiannya tertuju pada tumpukan batu di hadapannya.
(VO)“APAI NAMA YAK ?, NGAPAI TAU BANYAK BATU DI LANGKAU TIH.”
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2 : CLOSE UP, TUMPUKAN BATU

RAFIK mendekati tumpukan batu di hadapannya,lalu memilih-milih batu tersebut.
“AH, BAWAK SUTIK KOH, SOPAI ENTAU E ADA ROGA,PULAH KE CINCIN LOK.”
Shot 3 : ESTABILISH
FADE OUT

SCENE 7
INT. RUMAH RAFIK, TENGAH HARI
Cast : RAFIK, Hamdan, Ibu RAFIK
Treatment :
Suasana siang hari yang sejuk dengan angin sepoi, RAFIK tengah menikmati secangkit kopi sambil bersenandung  kecil, duduk bersila di lantai ruang tengah dekat pintu rumahnya  serta di tangannya terdapat joran untuk memancing udang, dengan teliti namun santai ia memasang mata kail, di samping kiri dekat gelas kopinya juga terdapat beberapa perlengkapan pancing udang.

Take 1 :
RAFIK sedang berada di ruang tengah dekat pintu rumahnya, duduk bersila dan santai sambil merapikan pancingan.
Shoot 1 :ESTABILISH TO RUMAH RAFIK
CUT TO
ia serut kopi  hitam buatan ibunya dilanjutkan dengan memasang mata kail pancingan udang miliknya.
Shoot 2 :BIG CLOSE UP TO TANGAN RAFIK YANG SEDANG MEMASANG MATA KAIL SAMBIL BERSENANDUNG KECIL .
FADE OUT
Shoot 3:ESTABILISH KEGIATAN RAFIK

Take 2 :
HAMDAN (Sambil mengusap bangga dan memperhatikan batu cincinnya, HAMDAN berjalan menuju rumah RAFIK.)
“BATU BARU TUK, SAJA LUAR DARI PADA BIASA.PAGAH LOK KE RAFIK.HAHA”
Shoot 1 : CLOSE UP TO HAMDAN
Shoot 2 : BCU TO CINCIN

Take 3 :
HAMDAN melangkah mendekati rumah RAFIK,sampai didepan rumah.
Shot 1 : ESTABILISH ,ANGEL : BELAKANG HAMDAN
HAMDAN
“SALAM LEKOM.!!!”
Shoot 2 : CLOSE UP (TEXT,PENGENALAN TOKOH)



CON’T PAGE 9
Take 4:
RAFIK melihat ke arah teras rumah
“LEKOM SALAM…, DAN, TAMAK AM.APAI PAHAM ? “
Shoot 1 : CLOSE UP

HAMDAN ( Sambil ambil posisi duduk di dekat pintu dan melepas cincin barunya untuk menunjukan kepada RAFIK)
“NAK BEGURAU JAK AM, HAHA….”
“FIK, DRIK MANTAU CINCIN BARU KU DEH, BATU MIRAH DELIMA FIK, MANTAB NAR AM KE ENCARIK CEWEK TUK,TUK A, NANG DIPAKAI SEGALA SIDAK YANG BECEWEK DUA TIGA HIKUK A, YAKEN AKU FIK, MADA MELESET AGIK”
Shoot 2 : ESTABILISH

Take 5 :
RAFIK (Mendongah melihat batu cincin HAMDAN sambil meraih cincin yg disodorkan HAMDAN kepadanya)
“BEI.DONAI KAU BULIH E DAN ?”
“MA..HAL UPA E TUK NOK ?”
Shoot 1 : BIG CLOSE UP TO TANGAN HAMDAN MEMBERI CINCIN KE RAFIK
Shoot 2:ESTABILISH

HAMDAN (Ekspresi agak sesumbar)
“AOK LA….BATU MAHAL TUK, MADA TAU BARANG ARI URANG MAKAI A KOH,APAI GIK YG SUKA-SUKA NGAEL , MADA DAPAT ….”
“TAK COCOK DIA KALAU DIPAKAI PENGAIL UDANG JO…INI BATU BUAT TOKE SAJA JO… (DENGAN AKSEN DIALEG PADANG)”

RAFIK (Tertawa sambil mengembalikan cincin ke HAMDAN)
“HAHAH, YAK AM NOK, MADA AM BERANI NERAI A”
Shoot 3 : ESTABILISH

Take 6:
IBU RAFIK (Berjalan mendkati RAFIK dan HAMDAN dengan membawa segelas kopi di tatakan piring plastik)
“DAN…MINUM DAN”

HAMDAN( Sambil menyambut kopi dari IBU RAFIK)
“AOK CO, KAMUH-KAMUH GAK AM ICO BAH”
“MAKASIH BAH CO…. “
Shoot 1 : ESTABILISH

Take 7 :
RAFIK(VO/Berbicara dalam Hati)
“BONAR NOK, KAN AKU ADA NOMU BATU TADIK DI KEBON, CUBA ASAH KOLAK KOH,TAPI DUET MISIK.A….MINYAM KE HAMDAN LOK,ENGKEROMAK IA MAUK”
Shoot 1 : CU TO RAFIK,ANGEL :PUNGGUNG HAMDAN
RAFIK
“DAN, ADA DUET LOBIH MADA ?”
Shoot 1:CLOSE UP TO RAFIK
HAMDAN
“PAKAI APAI ?”
Shoot 2 : LOSE UP TO HAMDAN
RAFIK
“ADA JAK…NTIK ADA AKU MINYAM 100 DAN, JEMAN’T KOLAK NYUAL KULAT NGANTI A.”
Shoot 3 : CAMERA CLOSE UP TO RAFIK

Take 8 :
HAMDAN meraih dompet di saku celananya dan mengeluarkan uang  50 ribu 2 lembar
Shot 1 : BIG CLOSE UP
HAMDAN (Sambil memberikan uang kepada RAFIK)
Shoot 2 : BIG CLOSE UP
“LUBAH AM,,,NTIK ADA LOBIH BARU AM NGANTI A,NYANTAI JAK…..”
Shoot 3 : ESTABILISH
FADE OUT
















SCENE 8 :
EXT. SUNGAI SEKADAU-DIATAS SAMPAN, PAGI
Cast : RAFIK,Extra 1 s/d 4 (Ibu dan anak yg mandi,Ibu yg mencucui kain, ibu penjual kue)
Treatment :
Suasana pagi dihiasi dengan kegiatan masyarakat desa, ada yang mencuci pakaian di sungai, juga tampak seorang anak dimandikan ibunya,ia mengusap-usap wajahnya dan terlihat sesak karena terus disirami ibunya dengan air.
RAFIK berjalan menuju sungai membawa dayung.Di tengah perjalanan ia menemui seorang penjual kue dan membelinya dengan uang seribu rupiah.Hingga tiba diperahu,RAFIK mengayuh perahunya ke arah seberang.

Take 1 :
RAFIK berjalan dari arah rumahnya
Shoot 1: ESTABILISH
CUT TO

Take 2 :
Suasana pagi,kegiatan rutin masyarakat desa
Shoot 1: ESTABILISH
CUT TO

Take 3 :
Ibu-ibu mencuci pakaian di sungai
Shoot 1: ESTABILISH

Take 4 :
Ibu memandikan anak
Shoot 1: ESTABILISH
Shoot 2 : CLOSE UP TO ANAK SEDANG SESAK DISIRAM IBUNYA
CUT TO

Take 5:
RAFIK membeli kue dari ibu yg berjualan kue keliling.
“MOLI SUTIK NAK”(SAMBIL MEMBERIKAN UANG SERIBU RUPIAH KEPADA PENJAJA KUE)
Shoot 1 : ESTABILISH KE IBU DAN RAFIK
Shoot 2 : BCU KE UANG DAN KUE DI NAMPAN IBU
FADE OUT
Shoot 3 : CU KE WAJAH RAFIK MEMAKAN KUE
Shoot 4 : ESTABILISH KE RAFIK YG SEDANG BERJALAN

CON’T PAGE 13
TAKE 6 :
RAFIK menaiki perahu,berjongkok diatas perahu dan mengayuhnya ke arah seberang.
Shoot 1 :ESTABILISH
Shoot 2 :BCU KE DAYUNG RAFIK MENGAYUH PERAHU.
FADE OUT





































SCENE 9 :
EXT.SUNGAI SEKADAU-DIPERAHU,PAGI
Cast :RAFIK,Lisa,DEVI,
Traetment :
Belum lama mengayuh perahu, RAFIK terpesona ketika melewati lanting dimana LISA dan DEVI sedang menunggu jemputan speed boat untuk ke seberang.

Take 1:
RAFIK (Terpesona melihat LISA dan DEVI yg sedang asyik berbincang sambil memainkan gadgetnya)
(O.S)
“BEI, ANAK TOKE LAWAR, SOMANGK SIKIT LOK”
RAFIK
“ADEK LISA….”(LALU TERSENYUM KONYOL)
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2  :CAMERA ESTABILISH MOVE TO LISA DAN DEVI

LISA(Dengan tampang semutut,bergaya sombong dan kesal)
“APAI ADEK-ADEK BAH”
Shoot 3: CLOSE UP TO LISA
(PAUSE,TEXT,PENGENALAN TOKOH)
Shoot 4 : CAMERA MOVE TO DEVI

DEVI(Tanpa banyak bicara,hanya mencibir dan berekspresi meremehkan, membuang muka)
Shoot 5: CLOSE UP TO DEVI
(PAUSE,TEXT,PENGENALAN TOKOH)

RAFIK (Dengan percayadiri)
“ADEK LISA KALAU NAK NYEMORANG NUMPANG ANG JAK BOH,MADA BEBAYAR BAH…”
Shoot 6: ESTABILISH RAFIK,CAMERA DARI BELAKANG LISA

LISA (Ekspresi kesal)
“BE….MADA LEPEL TAMAH ABANG,HUH.”
Shoot 7: CLOSE UP TO LISA
“KITA NAIK SPEED BOAT LA YE….”(DENGAN GAYA KHASNYA)
Shoot 8 : ESTABILISH TO LISA DAN DEVI
FADE OUT




SCENE 10 :
EXT.PELABUHAN TAMBANG,PAGI
Cast : RAFIK, Lia, Operator Speed Boat,Extras(Teman lelaki Lia)
Treatment:
Sesampainya di pelabuhan tambang , RAFIK mengikat tali perahunya, berbalik dan terkejut melihat LIA yang baru saja naik dari speed boat dengan membawa tas medis ukuran sedang namun terlihat berat.

Take 1:
RAFIK (Mengikat tali perahunya dan balik kanan menjejak lantai pelabuhan)
Shoot 1: BIG CLOSE UP TO TANGAN RAFIK MENGIKAT TALI PERAHU
CUT TO

LIA ( Baru naik dari speed boat membawa tas medis,terlihat kewalahan karena berat)
Shoot 2: ESTABILIS TO LIA

Take 2 :
RAFIK(Menghampiri LIA)
“LIA, NAK KONAI MAWAK TAS ?”
“BORAT UPA E YAK ?”
Shoot 1: ESTABILISH TO RAFIK

LIA ( Menyeka Peluh di keningnya)
“NAK KERUMAH SAKIT BANG…”
Shoot 2: CLOSE UP TO LIA

RAFIK ( Menggapai tas yang tergeletak di lantai Pelabuhan)
(SO) “SAK ABANG MAWAK E KE ATAS BAH”
Shoot 3 : CLOSE UP TO TANGAN RAFIK MENGGAPAI TAS

LIA ( Senyum kecil)
“MAKASIH BAH BANG..”
Shoot 4: CLOSE UP TO LIA

RAFIK ( Menenteng tas dan naik ke atas)
Shoot 5 : ESTABILIS TO RAFIK,ANGEL : BELAKANG LIA

CON’T PAGE 16
LIA (Tersenyum melihat RAFIK dari belakang)
Shoot 7: CLOSE UP TO LIA
Shoot 6 : ESTABILISH TO RAFIK,CAMERA DARI BELAKANG LIA
FADE OUT

Take 3 :
LIA (Menghampiri RAFIK yg sedang berdiri menenteng tasnya)
Shoot 1 : CLOSE UP TO LIA ,CAMERA DARI BELAKANG RAFIK

RAFIK
(SO)”TAROH DINAI IA?”
Shoot 2 : ESTABILISH TO LIA
Shoot 3 : CLOSE UP TO RAFIK

LIA
“TAROH JAK DI TUK BANG.”
Shoot 4 : CLOSE UP TO LIA

Take 4 :
EXTRAS(Menghentikan sepeda motornya di samping RAFIK)
“BOH LIA”(Tersenyum,Menaruh tas LIA ke atas motornya)
Shoot 1: BCU TO STANG MOTOR
Shoot 2: CLOSE UP TO EXTRAS
Shoot 3: ESTABILISH TO RAFIK,LIA & EXTRAS

LIA
“MAKASIH BANG RAFIK…”
(Tersenyum dan naik ke atas motor)
Shoot 4 : MIDLE COLE UP TO LIA,ANGLE :PUNGGUNG RAFIK

RAFIK
“SAMA-SAMA IA”
Shoot 5 : CLOSE UP

RAFIK Berdiri terdiam memandang LIA menjauh dengan Lelaki yg menjemputnya
Shoot 4 : MIDLE COLE UP TO LIA,ANGLE :PUNGGUNG RAFIK

FADE OUT



SCENE 11
EXT.TEMPAT ASAH BATU CINCIN, PAGI
Cast : RAFIK, Pengasah Batu
Treatment:
Setiba di tempat asah batu cincin,RAFIK mengeluarkan sebuah bungkusan kantong plastic hitam dari sakunya dan memberikan kepada pengasah batu.

Take 1 :
BIG CLOSE UP
RAFIK ( Sambil memberikan bungkusan )
(O.S)
“BANG, TOLONG DIANSAH BAH BANG ?”
Shoot 1: BCU KE TAGAN RAFIK MEMBERI BATU

Take 2 :
PENGASAH BATU (Membuka bungkusan dan menerawang batu)
“BATU APAI TUK FIK ?”
“TUK BAH AL KARANGAN”(DENGAN WAJAH SERIUS)
“BILA ADA ROGA E”
Shoot 1 : MIDLE CLOSE UP

RAFIK (Menggaruk kepala kebingungan)
Shoot 2 : MCU TO PENGASAH BATU,ANGLE : PUNGGUNG RAFIK
RAFIK
“SAK AM BANG E…YANG PENTENG BECINCIN JAK, HIHI”
Shoot 3 : CLOSE UP
FADE OUT

















SCENE 12
INT.SURAU,MALAM
Cast: Bu Maspur, Lia,Ela,Lisa ,DEVI,Extras crew(10 org)
Treatment: Suara anak-anak dan orang tua berbaur dalam lantunan bacaan alquran dari kejauhan,tampak surau yang redup cahaya lampunya,di samping kiri kanan tangga surau terdapat obor dari bambu yang menyala.Terlihat dari pintu masuk surau para gadis dengan kerudungnya menghadap ke BU MASPUR.

Take 1:
SEMUA PESERTA PENGAJIAN (Kompak)
“SADAKALLA…HUL ADZI….M)
Shoot 1 : ESTABILISH TO ALL CAST, CAMERA DARI ARAH BELAKANG PESERTA PENGAJIAN.

BU MASPUR
“A….MALAM PAGI KITA SAMONG AGIK…BA’DA ISYA BAH…” “MACAM BIASA…IYSA BER…?”
Shoot 2 : CLOSE UP TO BU MASPUR
Shoot 3 : ESTABILISH TO ALL CAST,VIEW FROM BEHIND

SEMUA PESERTA PENGAJIAN (Kompak menyambung perkataan BU MASPUR)
“JAMAAH…”
Shoot 4 : ESTABILISH TO ALL CAST,VIEW FROM BEHIND

Take 2 :
BU MASPUR
“A...SEPENA KITA PULANG, ADA JOLU NAK DI TANYAK?”

EXTRA A (LIA #2)
“BUK, HUKUM PACARAN MENURUT ISLAM KOTI BUK ?”
Shoot 1 : ESTABILISH
ALL CAST
“CIE....”

EXTRA B (DONA)
“MAKLUM BUK..., ANAK MUDA...”



CON’T PAGE 19
BU MASPUR
“UDAH...TENANG LOK...”
“SEPENA IBUK JAWAB,SOPAI YANG MAUK MANTUK IBUK MADAH RETI E ?”

ELA mengangkat tangan

IBU MASPUR
“A... ELA, COBA PADAH RETI E KE ADIK-ADIK KAU”
Shoot 1 : ESTABILISH
ELA
“SEBONAR E DALAM ISLAM MISIK ISTILAH PACARAN ATAU HUBUNGAN DEKAT SEPENA NIKAH”
“YANG ADA YAK CUMA PERKENALAN,YAK PUN MADA MACAM MODEL BARU TUK”
“ISTILAH E TA’ARUF, BEKENAL DENGAN CALON TAPI JARANG BETOMU”
Shoot 2 : CLOSE UP

BU MASPUR
“A...KOTI ?, UDAH PAHAM?”
Shoot 3 : CLOSE UP
“PADA INTI E... LAPANT(utamakan) LOK YANG BAIT MENURUT SYARIAT” “UTAMA KAN URANG TUA TAMAH ILMU YANG MANFAAT ..”
“KARENA WANITA BAIK UNTUK LELAKI YANG BAIK PULA”
“DIINGAT BAIT BAIT” “SEPENA NETAPKAN CALON, MENURUT SYARIAT KITA BAIT E?”

PUPUT “PDKT...”
“Eh,TAARUF BUK”

ALL CAST tertawa
Shoot 4 : ESTABILISH








CON’T PAGE 20
Take 3 :
EXT.JALAN DEPAN SURAU,MALAM
Semua Peserta pengajian keluar dari surau untuk pulang ke rumah masing-masing. Tampak Lia dan Ela berbincang sembari berjalan pulang.

Shoot 1 : ESTABILISH TO ALL CAST OUT FROM SURAU
Shoot 2 : MIDLE CLOSE UP TO LIA AND ELA BERJALAN PULANG SAMBIL BERBINCANG

LISA(Berdiri diantara teman-temannya,menatap LIA dan ELA dari jauh dengan pandangan sinis, bersedekap, mukenanya terlipat diantara tangannya)
“DEV,DEV…RONONG DEH, ANAK LURAH, LAGAK BONAR BAH”
Shoot 3 : CLOSE UP TO LISA

DEVI(menimpali LISA)
“ANAK MANTAN LURAH…AOK AM, LAWAR MADA, KAYA PUN MADA, TAPI SOK “
Shoot 4 : CLOSE UP TO DEVI
PUPUT
“ADIM-ADIM, BOH PULANG, APAI PULAH BAHAS HAL MADA PENTENG PIYAK BAH”

Lisa and the geng berbalik badan dan berjalan pulang
Shoot 5 : ESTABILISH TO LISA AND THE GENG
FADE OUT
















SCENE 13
EXT.DEPAN RUMAH RAFIK,MALAM
Cast  : RAFIK, Hamdan, Lisa,DEVI,Minah

Take 1 :
HAMDAN(Memetik gitar)
Shoot 1 : CLOSE UP TO HAMDAN
CAMERA MOVE TO RAFIK

RAFIK (Menghirup Kopi,kemudian meletakkannya)
Shoot 2 : ESTABILISH TO RAFIK AND HAMDAN
Shoot 3 : CLOSE UP  TO RAFIK

HAMDAN (Sambil memetik gitar)
“DAH SEMAYANG PENA FIK ?”
Shoot 4 : CLOSE UP TO HAMDAN
CAMERA MOVE TO RAFIK

RAFIK
“UDAH LAH DAN, BERANI MADA SEMAYANG….”
“NYURUH PELAPAH UMAK KU”
Shoot 5 : CLOSE UP TO RAFIK
FADE OUT

Take 2 :
RAFIK
“BILA BEGAWAI TIH DAN ?”
“YANG NAI CALON DERIK BAH ?, CUBA BETUNANG LOK…SAK KAWAN NGENAL E”

HAMDAN
“PENONGAH BULAN ADAP FIK.”
“ECEH…TENNNANG JAG…..KOLA PASTI KETAU DERIK…”
“CEWEK IKAU BAH , NAI E ?”
“MADA AM KALAH AKU MANTAU DERIK ADA EMBOK , HAHA”
Shoot 1 : ESTABILISH
CUT TO

Take 3 :
HAMDAN ( Bermain gitar mengiringi nyanyian RAFIK)
RAFIK (Bernyanyi dengan penghayatan dan suara yang merdu)
Shoot 1 : ESTABILISH
CUT TO

CON’T PAGE 22
MINAH ( Memperhatikan dengan sangat antusias RAFIK dan HAMDAN Dari jendela Kamarnya)
Shoot 2 : CLOSE UP TO EKSPRESI MINAH
CUT TO

Take 4 :
LISA(Berjalan bersama DEVI, sesaat terhenti dan membuat kaget DEVI)
“DEV,DEV, IKAU ADA NINGA SUARA TUK MADA ?”
Shoot 1 : ESTABILISH TO CAST
Shoot 2 : CLOSE UP  TO LISA
CAMERA MOVE TO DEVI

DEVI(Heran dan ketakutan)
“SUARA APAI BAH SA ?”
“I.IIII….(Memegang lengan LISA,ia Semakin takut)
Shoot 3 : ESTABILISH TO CAST
Shoot 4 :BIG CLOSE UP TO DEVI’S HAND

LISA(melepaskan pegangan DEVI)
“ISH, IKAU YAK, LALU ANTU AM KIRA E”
“DINGA LOK BONAR-BONAR…SUARA SOPAI TUK NOK”
Shoot 5 : ESTABILISH TO CAST
Shoot 6 : CLOSE UP TO LISA

DEVI(Mencoba menangkap suara yg masih terdengar sayup)
“SUARA ORANG NYANYI SA”

LISA
“TAU AKU AM,,,TAPI SUARA SOPAI?”

DEVI
“UPA E…SUARA BANG RAFIK SA”
Shot 7 : ESTABILISH
LISA
“AH, BONAR BULAK VI”
(Menerawang,senyum kecil pertanda suka)
Shoot 8 : CLOSE UP
DEVI(Pandangannya tertunduk, senyum dibibirnya membayangkan RAFIK)
Shoot 9 :CLOSE UP
FADE OUT
SCENE 14
INT.RUMAH LIA, SIANG
Cast : Lia, Ela
Treatment :
Lia membuat janji dengan Ela via telfon untuk bertemu di rumah Lia,Mereka membahas sesuatu yg penting bagi Lia tetang permintaan ibunya.

Take 1 :
LIA(Berbicara kepada org di telfon)
“DONAI KAK ?
”OH…AOK…LIA NUNGUK DI RUMAH BAH KAK?”
“SALAM LEKOM….?”
(Menutup telfonnya)
Shoot 1: CLOSE UP TO LIA

Take 2 :
ELA (Berdiri di depan pintu rumah Lia)
“ASSALAMUALAIKUM…..”
Shoot 1 : ESTABILISH

LIA ( Berjalan keluar dan menjawab)
“WAALAIKUM SALAM….”

Take 3 :
Shoot 1: ESTABILISH TO LIA DAN ELA DUDUK DI SOFA RUANG TAMU

ELA
“ADA APAI LIA MANGGIL KAKAK TIH ?”

LIA ( Tertunduk Sedih)
“YAK AM KAK, MASIH PERIHAL YANG LIA CERITA ARI YAK”
Shoot 1 : CLOSE UP TO LIA
DISOLVE TO
INSERT SCENE 15
LIA (Dengan wajah sedih,matanya berkaca-kaca)
“JADI LIA HARUS KOTI KAK ?”
Shoot 2 : CLOSE UP TO LIA





CONT’T PAGE 24
ELA (Memegang tangan LIA)
“LIA…. YANG PERTAMA, SABAR”
Shoot 1: BCU TO TANGAN, VO ELA
“KAKAK YAKIN LIA BISA MEMILIH NAI YANG BAIK KE LIA DAN ORANG TUA LIA”
Shoot 2: CLOSE UP TO ELA
“LIA UDAH DEWASA ….FAHAM DENGAN ATURAN MILIH CALON IMAM SESUAI SYARIAT”
Shoot 3 : CLOSE UP TO LIA ,VO ELA

“KAKAK YAKIN LIA BIJAK DALAM HAL TUK”
Shoot 4: ESTABILISH LIA AND ELA

LIA membisikkan sesuatu kepada ELA
Shoot 5 : CLOSE UP TO LIA

ELA (Tersenyum,menepuk pundak LIA)
“KALAU YAK INSHAAALLAH….”
“KAKAK YAKIN MAMAK LIA SETUJU”
“KAKAK PUN YAKEN KALAU IA BISA JADI IMAM YANG BAIK”
Shoot 6: CLOSE UP TO LIA ,CAMERA DARI BELAKANG LIA

LIA
“MAKASIH BANYAK KAK ELA” (Menangis dan memeluk ELA)
Shoot 7 : ESTABILISH ELA AND LIA,ANGEL : FROG EYE
FADE OUT


















SCENE 15
INT.KAMAR IBU LIA, SIANG
Cast : Lia, Ibu Lia

Treatment :
Suasana kamar yang hening siang itu, Jendela terbuka penuh, angin bertiup. Lia duduk di sebelah ibunya yg sedang terbaring,matanya berkaca-kaca membaca selembar kertas hasil pemeriksaan dokter.ia memegang segelas air putih kemudian meraih obat dari atas meja.Dengan penuh perhatian LIA membantu ibunya duduk,setelah selesai minum obat, LIA langsung menyelimuti ibunya yg telah kembali berbaring, Ia ingin beranjak keluar,namun baru mau berpaling Ibunya menahannya.
TEASER
Shoot 1 : SUASANA KAMAR IBU LIA
Shoot 2 : BCU TO SURAT DOKTER
Take 1 :
LIA membantu ibunya untuk duduk
Shoot 1 : ESTABILISH TO LIA DAN IBUNYA

LIA(mengambil gelas dan obat,memberikan obat ke tangan ibunya kemudian menyuapi air minum kepada ibunya)
Shoot 2 : ESTABILISH TO LIA DAN IBUNYA

IBU LIA meminum obat
Shoot 3 : CLOSE UP TO IBU LIA MINUM OBAT
Shoot 4 : ESTABILISH TO LIA DAN IBUNYA

Take 2 :
IBU LIA ( Terbaring di kasur )
Shoot 1 : CLOSE UP

LIA(Menyelimuti Ibunya)
“BELOPA LOK BAH MAK…”
Shoot 2 : CLOSE UP

IBU LIA (Batuk kecil)
“LIA….MAMAK NAK DUDOK,LIA BAYAH KONAI-KONAI…”
Shoot 3 : CLOSE UP
LIA (Membantu ibunyua duduk)
“ADA APAI MAK ?”
Shoot 4 : ESTABILISH

Take 3 :
IBU LIA(Menatap mata anaknya)
“LIA, UDAH BACA SURAT DARI DOKTER TIH?”
Shoot 1 : CLOSE UP

LIA
 “UDAH MAK” (seketika tertunduk, air matanya mengalir) Shoot 2 : CLOSE UP
Shoot 3 : ESTABILISH
IBU LIA
“LIA, MAMAK ADA AJAT KE LIA.”
Shoot 4 :CLOSE UP TO LIA, ANGLE : SAMPING IBUNYA
“KOLAK…KALAU MAMAK POGI, LIA SENERIK AM AGIK.”
Shoot 5  : ESTABILISH
“MAMAK BOLEK MANTAU LIA PIYAK,,,, “
“MAMAK YAKEN KALAU AYAH DINUN PUN BOLEK MANTAU LIA PIYAK”
Shoot 6 : CLOSE UP
Shoot 7 : ESTABILISH

LIA(Mengusap air matanya) “TAPI MAK, LIA YAKEN UMAK TOGAL AGIK BAIT BAH MAK..”(Memegang tangan Ibunya)
Shoot 8 : CLOSE UP

IBU LIA(Tersenyum,namun air matanya mengalir,berusaha untuk ia tahan)
“PILIH YG LIA YAKEN BISA JADI IMAM,YANG SESUAI SYARIAT KITA”
Shoot 9 : CLOSE UP
“MAMAK YAKEN LIA PAHAM”
Shoot 10 : ESTABILISH

LIA(terus menangis sedih)
Shoot 11 : CLOSE UP
FADE OUT







SCENE 16
EXT.LANTING,PAGI
Cast: RAFIK, Lisa
Treatment :
RAFIK sedang asik memancing, sementara LISA sedang memperhatikannya dari suatu sudut,memikirkan pesona suara RAFIK malam kemarin, LISA menghampiri RAFIK.

Take 1:
RAFIK(Bersila diatas lanting, menikmati suasana sungai pagi hari)
Shoot 1 : KEGIATAN RAFIK MEMANCING
CUT TO

LISA(Memperhatikan RAFIK dari kejauhan) (V.O)
“HMMMM… BANG RAFIK, DI AGAK MADA NOK ?”(Tersenyum)
Shoot 2 : CLOSE UP
Shoot 3 : FOKUS TO RAFIK, ANGLE PUNGGUNG LISA

Take 2 :
RAFIK (Sedang asyik dengan kailnya sementara itu Lisa menghampirinya)
Shoot 1 : ESTABILISH RAFIK

LISA (Senyum malu-malu mau)
“ABANG RAFIK….”
“ADA BULIH MADA BANG ?”
Shoot 2 : CLOSE UP

Take 3 :
RAFIK (Agak terkejut, perhatiannya sedikit teralihkan namun kembali focus ke pancingnya)
“EH, LISA….PENA AM SIK TUK SA…”
“BARU MULAI NANGAR AM…”
“TUMBEN LISA NGAGAK ABANG,TEKANYAT ABANG SA”(Tertawa kecil)
Shoot 1 : CLOSE UP

LISA(Merapikan rambutnya, menatap rayu ke RAFIK)
“MADA…NYANGKAK JAK AM …”
“BANG, ABANG KAH YANG BENYANYI MALAM YAK TIH?”
Shoot 2 : CLOSE UP

CON’T PAGE 23
RAFIK(Sambil mengurusi Pancingannya)
“AOK SA, NGAPAI SA ?”
Shoot 3 : ESTABILISH

LISA
“SUARA ABANG BAGUS NOK BANG?”
“SUKA LISA NINGA E BANG?”
Shoot 4 :ESTABILISH,ANGLE : SAMPING RAFIK


Take 4 :
RAFIK
(VO)
“WUIH,NGAPAI GIK TIH?,BIASA E KONAK PANGKAS SARI AM AKU KALAU NYANYI.”
“ADA ALUR NAMPAK E TUK”(Tersenyum)
Shoot 1 :CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2 :CLOSE UP TO LISA
Shoot 3 :CLOSE UP TO RAFIK
LISA
“SORE KOLAK KALAU MISIK GAWAI KE STEHER BOH BANG”
Shoot 4 : CLOSE UP

RAFIK(Sontak terlepas pancingan dari tangannya,tangannya sedikit bergetar namun ia sembunyikan dari LISA)
“A…A,A,A.AOK SA”
“K.K.K.KKKOLAK SORE NOK ?” (Tergagap)
Shoot 5 : CLOSE UP

LISA(Tatapan menggoda)
“UDAH AM BANG, KOLAK SORE LISA NUNGUK BAH.”
“SALAM LEKOM….”(Melambaikan tangannya dan berbalik arah dari RAFIK)
Shoot 6 : CLOSE UP TO LISA Shoot 7 : ESTABILISH,ANGLE : DARI SAMPING RAFIK
FADE OUT






SCENE 17
EXT. STEHER, SORE
Cast : RAFIK, Lisa, Minah
Treatment :
Suasana sore hari yang cerah,tampak kegiatan para nelayan di delta sungai ,LISA menunggu resah kedatangan RAFIK,memainkan HP nya dan mengawasi jalan. Sementara itu dari kejauhan Tampak RAFIK  menuju Steher.Wajah Lisa sumringah melihat kedatangan RAFIK.
TEASER
Shoot 1 : KEGIATAN NELAYAN SUNGAI

Take 1 :
LISA(Resah, sambil memainkan HP nya ia mengawasi jalan,siapa tahu RAFIK sudah datang)
Shoot 1 :CLOSE UP TO LISA

RAFIK(Berjalan menuju Steher)
Shoot 2 : ESTABILISH
Shoot 3 : CLOSE UP

LISA(Senyum bahagia,memasukan HP ke sakunya)
Shoot 4 : CLOSE UP
Shoot 5 : ESTABILISH, ANGLE : SAMPING
FADE OUT

Take  2 :
LISA (Berdiri menghadap RAFIK)
RAFIK ( Menghadap sungai, melihat kegiatan orang-orang di sungai)
“APAI AJAT LISA TIH ?”
Shoot 1 : ESTABILISH, ANGLE : SAMPING
Shoot 2 : CLOSE UP TO RAFIK

LISA(Menatap Malu)
“BANG “
“ABANG DAH ADA CEWEK PENA BANG?”
Shoot 3 : CLOSE UP

RAFIK
“AKAH, KONOK NAK BECEWEK SA….E..”
“HAMPA LAH POKOK E ABANG TUK”
Shoot 4 : CLOSE UP

CON’T PAGE 30
Shoot 5 : ESTABILISH, ANGLE : SAMPING

Take 3:
LISA
“BANG RAFIK,LISA SUKA KE ABANG.”
Shoot 1 : CLOSE UP

RAFIK(Terkejut, berdiri tegak menghadap LISA dengan wajah terheran)
Shoot 2 :ESTABILISH, ANGLE : SAMPING

LISA(Maju selangkah mendekati RAFIK)
“ABANG RAFIK MAUK MADA ?”(Malu-malu)
Shoot 3 : ESTABILISH,ANGLE : SAMPING

RAFIK(Diam seribu bahasa,wajahnya seperti menahan sakit)
“AMPUN SA…BAYAH PIYAK.”
Shoot 4 : CLOSE UP

LISA(heran)
“NGAPAI BANG ? LISA SERIUS BAH…”(meraih tangan RAFIK)
Shoot 5 : CLOSE UP

Take 4:
RAFIK(Semakin kesakitan,memandang LISA,kemudian memandang kea rah kaki mereka)
Shoot 1: CLOSE UP
Shoot 2: CLOSE UP TO KAKI

LISA(Tertawa,menutup mulutnya)
“MAAF BANG, MADA SENGAJA LISA”
Shoot 3 : ESTABILISH, ANGLE : SAMPING

LISA DAN RAFIK DUDUK SALING TATAP SEMENTARA RAFIK MASIH KESAKITAN,BEBARAPA SAAT MEREKA TERTAWA

LISA(Tatapan Serius)
“KOTI BANG ?”
Shoot 4 : CLOSE UP

RAFIK(Hanya mengangguk,isyarat mengiyakan)
Shoot 5 : CLOSE UP
CON’T PAGE 31
Shoot 6 : ESTABILISH
CUT TO

MINAH(Menatap lirih RAFIK dan LISA dari kejauhan,ia tertunduk sedih,mengusap air matanya)
Shoot 7 : CLOSE UP
Shoot 8 : ESTABILISH RAFIK DAN LISA, CAMERA DARI BALIK PUNGGUNG MINAH
FADE OUT


































SCENE 18
EXT.TERAS RUMAH RAFIK, MALAM
Cast : RAFIK,Hamdan
Treatment :RAFIK sedang asyik menelefon, sementara hamdan memetik gitarnya bernyanyi kecil. Suara jangkrik beradu dengan suara tilawah yg sayup.
TEASER
Shoot 1: ESTABILISH TO RUMAH RAFIK
Take 1 :
RAFIK(Berbicara dengan seseorang di telefon)
“AOK….DAH AM….”(Tersenyum)
“SALAM LEKOM….”
(Menutup telefon)
Shoot 1 : CLOSE UP
CUT TO
HAMDAN(Sambil memetik Gitar)
“TI…AP MALAM BETELEPON…DAH DUAK TIGA MALAM TUK MALAM TUK RONONG KU”
“KOTI CERITA LISA TAU PIYAK GILAK TIH FIK?,HAHA”
(Jreenggg….suara gitarnya)
Shoot 3 : CLOSE UP
Shoot 4 : ESTABILISH

Take 2:
RAFIK(Menyerut kopi,meletakkannya di meja)
“BILA GIK LISA TIH, DEVI TADIK YAK.”
Shoot 1 : CLOSE UP
HAMDAN(Terherean)
“AN, NGAPAI GIK TIH?”
“BUKAN LISA PIYAK ?”
“YANG NAI SEBONAR E…?”
Shoot 2 : CLOSE UP
RAFIK(Tersenyum)
“SAJA SIDAK DUAK YAK AM DAN…”
Shoot 3 : ESTABILISH
HAMDAN(Makin heran)
“KOTI TAU PIYAK GILAK TIH?”
“NGELALIS KAU TUK BAH FIK”
Shoot 4 : CLOSE UP
RAFIK
“A….DINGA LOK CERITA E…”
Shoot 5 : CLOSE UP
DISOLVEE TO
INSERT SCENE 19
SCENE 19
EXT.WARUNG, PAGI
Cast : RAFIK, DEVI
Treatment :DEVI sedang berbelanja di warung, sementara itu RAFIK juga sedang membeli kopi dan beberapa hal lainnya, DEVI melihat kea rah RAFIK dengan tatapan suka,ia menegur RAFIK dan mereka pulang bersama sambil berbincang.
TEASER
TEXT SCREEN “EMPAT HARI YANG LALU”
Take 1:
DEVI(Memasukan belanjaanya ke kantong)
Shoot 1 : CLOSE UP
Shoot 2 : ESTABILISH (DEVI DAN PEMILIK WARUNG)

RAFIK (Menyobek kopi sachet yg tergantung)
Shoot 3 : CLOSE UP

DEVI(Melihat kea rah RAFIK dengan tatapan suka,membayar belanjaannya)
Shoot 4 : CLOSE UP
Shoot 5 : FOKUS KE RAFIK,CAMERA DARI SAMPING DEVI

Take 2 :
RAFIK (Berjalan keluar Warung)
Shoot 1 : ESTABILISH

DEVI (Memanggil RAFIK, berjalan mendekati RAFIK)
“BANG RAFIK,BEROTA”
Shoot 2 : CLOSE UP
Shoot 3 : ESTABILISH

Take 3 :
EXT.JALAN PULANG,PAGI
RAFIK
“BORAT UPA KANTONG E VI”
“KITUK ABANG MAWAK e”
Shoot 1: ESTABILISH
Shoot 2: CLOSE UP TO KANTONG

DEVI(Malu-malu, memberikan kantong belanjaannya ke RAFIK)
“MAKASIH BANG RAFIK,,,,”
Shoot 3 : CLOSE UP
CON’T PAGE 34
Shoot 4 : ESTABILISH
“BANG, SUARA ABANG BAGUS NOK BANG.”
“DEVI KIRA TIH SOPAI YANG BENYANYI MALAM YAK”
“UPA E BANG RAFIK”(tersenyum menatap RAFIK)
Shoot 5 : CLOSE UP
Shoot 6 : ESTABILISH

RAFIK
“AH, BIASA JAK AM BAH VI”

DEVI
“SORE KOLAK APAI PULAH BANG?”

RAFIK
“MISIK PULAH VI.”

DEVI
 “KE STEHER BAH BANG”

RAFIK
 “APAI PAHAM..?”
Shoot 7 : ESTABILISH

DEVI
“ADA JAK, POKOK E KE STEHER BAH SORE KOLAK”
Shoot 8 : CLOSE UP
RAFIK
“AOK LA, ABIS ASHAR BAH”
VO
“WAH…NAMPAK E REJEKI TUK,HIHI”
Shoot 9 : CLOSE UP
DEVI
“AOK BANG”
Shoot 10 : CLOSE UP
Shoot 11 : ESTABILISH
FADE OUT







SCENE 20
EXT.STEHER,SORE
Cast : RAFIK, DEVI,Minah

Take 1 :
RAFIK dan DEVI berdiri berhadapan
Shoot 1 : ESTABILISH
Shoot 2 : ESTABILISH TO SUNGAI (SCREEN OFF)

RAFIK(SCREEN OFF)
“ADA APAI TIH VI?”

DEVI(Menunduk malu)
“HMMM….” “BANG,(MENATAP RAFIK)”
Shoot 3 : CLOSE UP “DEVI ADA MOLI SELUP BARU KE ABANG,COBA LOK BANG”
(Memberikan sandal ke RAFIK)
Shoot 4 : ESTABILISH
RAFIK
“WAH…MAHAL NAMPAK E TUK VI,APAI HAJAT DEVI TUK”
“TETIBA JAG AM”
Shoot 5 : CLOSE UP
Shoot 6 : ESTABILISH
DEVI
“PAS AM NOK BANG ?”
Shoot 7 : CLOSE UP TO KAKI
“DIPAKAI BAH BANG.”
Shoot 8 : ESTABILISH
RAFIK
“MAKASIH BAH VI”
Shoot 9 : ESTABILISH

Take 2 :
DEVI
“BANG, MINTA NOMOR ABANG,KOLAK DEVI TELFON BAH”
(Mengambil HP di tangan RAFIK,dan call ke nomornya)
Shoot 1: OS- BIG CLOSE UP TO HP
“DAH LOK BAH BANG(Senyum malu,membalik badan dan meninggalkan RAFIK)
Shoot 2 : CLOSE UP
Shoot 3 : ESTABILISH


CON’T PAGE 36
RAFIK(Diam seribu bahasa,sesaat kemudian tersenyum melihat tulisan “I LOVE U” dibelakang Baju DEVI)
Shoot 4 : CLOSE UP
Shoot 5 : ESTABILISH,KAMERA DARI BELAKANG RAFIK FOKUS KE DEVI(FOKUS FRAME TO TULISAN BAJU DEVI)
CUT TO

MINAH(Memperhatikan dari sudut yg tak diketahui RAFIK DAN DEVI,ia menunduk sedih,berbalik dan pergi)
Shoot 6 : CLOSE UP
FADE OUT
































SCENE 21
(CUT BACK TO/ KELANJUTAN SCENE 18)
EXT.TERAS RUMAH RAFIK, MALAM
Cast : RAFIK,Hamdan
Treatment:Hamdan menasihati RAFIK.RAFIK menunjukan sebuah cincin kepada hamdan,hamdan menerawang cincin tersebut dan menjelaskan tentang khasiat cincin RAFIK,ia menganjurkan RAFIK untuk tidak menyalahgunakan kekuatan cincin tersebut, namun RAFIK tidak mendengarkan.
Take 1 :
HAMDAN (Menunduk,menggelengkan kepalanya,ia tak menyangka sahabatnya sejauh itu terjerumus)
“ASTAGFIRULLAH FIK”
“TUK DAH GAWAT FIK”
Shoot 1: CLOSE UP
RAFIK “BAIT…NYANTAI JAK IKAU DAN…”
Shoot 2 : ESTABILISH
“SELAMAK AGIK ADA JOLU TUK…TENNNANG JAK…”(Sambil menunjukkan cincin di jarinya)
Shoot 3 :BCU TO CINCIN
Take 2 :
HAMDAN (Agak sedikit marah)
“APAI YAK,LOPAS LOK NGERONONG A !”
Shoot 1 : CLOSE UP
“MASYAALLAH FIK”
“DONAI KAU BULIH BENA TUK”
Shoot 3 : BCU TO CINCIN
Shoot 4 : CLOSE UP
RAFIK
“DI KEBON, YAK AM MINYAM DUET IKAU TIH”
“PAKAI NGANSAH E”
Shoot 5 : ESABILISH
HAMDAN(Menggeleng-gelengkan kepala ,terheran dengan sahabatnya)
Shoot 6 : CU TO EKSPRESI HAMDAN
“FIK, TUK KALAU SALAH GUNA, BAHALA KOLAK KE IKAU FIK”
“BAIT E BAYAH AM IKAU MAKAI E ,NTIK CUMA NAK KE CEWEK”
Shoot 7 : ESTABILISH
“INGAT TUHAN FIK”
“JOLU TUK BAH MAWAK SOSAT KALAU MADA PANAI MAKAI E”
Shoot 8 : CU
CON’T PAGE 38
Take 3 :
RAFIK(memotong perkataan HAMDAN,Mengambil kembali cincin dari tangan HAMDAN)
“AH, TENNAAANG JAK…”(OS)
Shoot 1 : CLOSE UP TO TANGAN RAFIK MERAMPAS CINCIN
“BAYAH GADUH DAN,RONONG JAK KOLAK”(tersenyum sombong sambil megusap-usap cincinnya)
Shoot 2 : CLOSE UP
HAMDAN(Terdiam dan mengusap rambutnya,menggelengkan kepala terheran tiada habisnya)
Shoot 3 : CLOSE UP
FADE OUT































SCENE 22 (DRAMA MUSIK)
Treatment:
Cinta segitiga antara RAFIK ,lisa dan DEVI terus berlanjut tanpa disadarai lisa maupun DEVI.Kemesraan RAFIK dengan DEVI saat di warung sangat membuat iri siapapun yang melihatnya, DEVI rela berkorban untuk menyewa warung demi bisa berdua dengan RAFIK,DEVI menyuapi RAFIK dengan mie rebus,kue dan ebagainya.
Take 1
INT.WARUNG ,SIANG
Cast : RAFIK, DEVI
DEVI dan RAFIK saling menatap mesra
Shoot 1: CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2:CLOSE UP TO DEVI
Shoot 3: ESTABILISH
DEVI menyuapi RAFIK dengan mie rebus,menyeka pipi RAFIK yg sedikit basah,kemudiam menyuapi RAFIK segelas air.
Shoot 4: ESTABILISH

Take 2
EXT.JALAN DALAM SEKADAU,SORE
Cast : RAFIK, DEVI, Minah

RAFIK dan DEVI berjalan mesra,bergandengan tangan,berbincang hangat,bercanda mesra,duduk berdua di tepi sungai .
Shoot 1 : BCU TO GENGGAMAN TANGAN
Shoot 2 : ESTABILISH,ANGLE : DEPAN
FADE OUT
Shoot 3 : ESTABILISH,ANGLE: ROTATION;SAMPING DEVI KE DEPAN(DARI SUNGAI)
RAFIK Menyelipkan setangkai bunga ke telinga kanan DEVI,DEVI tampak malu-malu sesekali menatap RAFIK kemudian pandangannya tunduk,senyum bahagia tak henti menghiasi wajahnya.
Shoot 4 : CLOSE UP TO RAFIK;ANGLE PUNGGUNG DEVI
Shoot 5 : CLOSE UP TO DEVI
Shoot 6 : ESTABILISH
CUT TO




CON’T PAGE 40
MINAH mengintip dibalik pohon labu,melihat dari kejauhan kemesraan RAFIK dan DEVI,ia terenyuh luka,tangannya saling menggenggam,Minah memalingkan badannya dari kedua insan yg sedang mabuk asmara tersebut.Matanya menerawang kosong,sedih,matanya tertunduk luka.
Shoot 7 : ESTABILIS TO MINAH (POSISI MINAH DI BALIK SEMAK LABU)
Shoot 8 : CLOSE UP TO MINAH (BLUR SCENE ;RAFIK DAN DEVI)
DISOLVE TO
































SCENE 23 (DARAMA MUSIK)
Take 1:
EXT. PENYEBRANGAN KADOK,SORE
Cast : RAFIK,Lisa
RAFIK dan LISA berjalan menuju pelabuhan kadok
Shoot 1 : ESTABILISH
FADE OUT
Saat tiba di pelabuhan
LISA (Mengeluarkan baju dari tasnya,memberikan kepada RAFIK)
“BANG,PAKAI LOK”(tersenyum manis memperhatikan RAFIK)
Shoot 2 : CLOSE UP TO LISA
RAFIK(Mengambil baju dari LISA dan memakainya,membalas senyuman LISA)
Shoot 3 : ESTABILISH
RAFIK dan LISA duduk berdampingan di Speed Boat,menuju kawasan batu tinggi
Shoot 4 : ESTABILISH
FADE OUT

TAKE 2:
EXT,DI SPEED BOAD,AREA BATU TINGGI,SORE
Cast : RAFIK,Lisa,Lia
RAFIK dan LISA bermesraan sepanjang perjalanan di sungai,berbincang hangat dan mesra. Lisa menyuapi RAFIK denga ice cream,menyeka lembut pipi RAFIK dengan tissue.Sesekali mereka beradu pandang begitu mesra
FADE IN
Shoot 1: ESTABILISH,ANGLE : BACKGROUND ;TANJUNG
Shoot 2: CLOSE UP TO LISA MENATAP RAFIK
Shoot 3: ESTABILISH SAAT LISA MENYUAPI RAFIK ICE CREAM
Shoot 4: CLOSE UP TO RAFIK SAAT LISA MENYEKA PIPI RAFIK DENGAN TISSUE
Shoot 5: ESTABILISH
LIA yang sedang mencuci pakaian di sungai tak sengaja melihat kemesraan RAFIK dan LISA,ia hanya diam,menatap kaku kemesraan mereka berdua.Saat RAFIK mengalihkan pandangannya kepada LIA, LIA segera melanjutkan pekerjaannya dan pura-pura tidak tahu apa yang sedang terjadi.
Shoot 6: ESTABILIS TO LIA SEDANG MENCUCI.ANGLE ;BACKGROUD SPEED BOAT TEMPAT LISA DAN RAFIK BERMESRAAN
Shoot 7: CLOSE UP TO LIA SAAT MENOLEH KE ARAH LISA DAN RAFIK,ANGLE;SAMPING BELAKANG LIA
CON’T PAGE 42
Shoot 8: CLOSE UP TO LIA SAAT MENATAP KEMESRAAN RAFIK DAN LISA,ANGLE:DEPAN LIA(CAMERA DARI SUNGAI)
Kemesraan RAFIK dan LISA berlanjut.
Shoot 9 : CLOSE UP TO LISA SAAT MENGALIHKAN KEMBALI PERHATIAN RAFIK DARI LIA
Shoot 10 : ESTABILISH
FADE OUT




































SCENE 24
EXT.DEPAN RUMAH RAFIK,SORE
Cast : RAFIK, Hamdan, Ibu RAFIK
Treatment: Semenjak RAFIK menjalin hubungan segitiganya,ia mulai mengabaikan mengabaikan sahabat sejatinya,hamdan.Saat hamdan bertamu seperti biasanya,RAFIK malah pergi dan meninggalkan hamdan. Ibu RAFIK hanya bisa meratapi apa yang diperbuat oleh anaknya.
Take 1 :
HAMDAN(Di depan pintu rumah RAFIK)
“SALAM LEKOM.”
Shoot 1:ESTABILISH,ANGLE:BELAKANG HAMDAN
Shoot 2:CLOSE UP
RAFIK(Sibuk berkemas dan berdandan)
“LEKOM SALAM…”(Berjalan keluar pintu rumah)
(Di teras rumah)
Shoot 3: ESTABILISH
 “DAN, TINGAL LOK BAH,ADA HAL TUK.BIASA….”(beranjak pergi tergesa meninggalkan HAMDAN)
Shoot 4: CLOSEUP TO RAFIK
HAMDAN(terdiam melihat RAFIK pergi)
Shoot 5:CLOSE UP
IBU RAFIK(membawa segelas kopi, terdiam melihat kelakuan anaknya)
Shoot 6: ESTABILISH,ANGLE:CAMERA DARI BELAKANG HAMDAN
SFX
Take 2:
IBU RAFIK (Dengan segelas kopi ditangannya,berdiri di samping HAMDAN di depan pintu,menatap RAFIK dari kejauhan. Sesaat kemudian memberikan kopi kepada HAMDAN)
Shoot 1:CLOSE UP TO IBU RAFIK
Shoot 2:ESTABILISH,ANGLE:BELAKANG IBU RAFIK DAN HAMDAN
SFX
FADE OUT





SCENE 25
INT.RUMAH RAFIK, DAPUR, SIANG
Cast : RAFIK,Ibu RAFIK,Minah

Take 1
RAFIK(Berjalan senang,bersenandung kecil melangkah ke rumah)
Shoot 1:CLOSE UP
Shoot 2:ESTABILISH,ANGLE : BELAKANG RAFIK
IBU RAFIK (Di dapur menguleni tepung,melihat RAFIK )
“FIK…. MANTUK UMAK SOGAL”
Shoot 3:ESTABILISH
RAFIK(OS)
“AOK MAK…”

Take 2 :
RAFIK(Duduk di depan ibunya yg sedang menguleni tepung)
“MULAH APAI MAK?”
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
IBU RAFIK(Sambil menguleni tepung)
“MULAH KEROKET….”
Shoot 2 : CLOSE UP
“NGAMIK AIK TAMAH TOPONG DI MEJA FIK”
Shoot 3 : ESTABILISH
RAFIK(Branjak,menuruti perintah ibunya)
Shoot 4 :ESTABILISH(RAFIK MENGAMBIL AIR DAN TEPUNG DI MEJA)
“KITUK AKU GOLONG E MAK”(RAFIK meraih tepung,mencubitnya dan meletakan di tatakan,menggiling tipins adonan)

Take 3:
IBU RAFIK
“FIK,KONAI IKAU TADIK TIH ?”
“KAWAN BEGURAU KE RUMAH MADA TAU PIYAK NONG E…”
“DERIK DAH DARI MERAH DAMPAK BEKAWAN, BAYAH PADAI CEWEK KAWAN DI LUPAK…”
“KOLAK ARI TUA BAH,KAWAN TAMAH KELUARGA AM YANG MERATI DERIK KOH…FIK E..”
“HAMDAN MADA KALAK MULAH DERIK PIYAK”
Shoot 1 : ESTABILISH
RAFIK(Diam saja sambil menggiling tepung)
Shoot 2 :BCU TO MENGGILING TEPUNG)

IBU RAFIK
“MADA TAU PIYAK…”
“KOLAK AGAK KAN HAMDAN KINUN”
“MINTA MAP DERIK”
“UMAK BAH PILUUUUK ATI MANTAU KITAK DUAK PIYAK GILAK .”
Shoot 3 : CLOSE UP
CUT TO
RAFIK(Diam-diam pergi meninggalkan ibunya)
Shoot 4 : ESTABILISH TO RAFIK,ANGLE: CAMERA DARI BELAKANG IBU RAFIK
IBU RAFIK (Melihat ke depan,kaget melihat RAFIK sudah tak ada di tempat.
Shoot 5 : CLOSE UP TO IBU RAFIK
Shoot 6 : CAMERA MOVE TO POSISI AWAL RAFIK
Take 4
RAFIK(Mengendap menuju pintu rumah)
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 2 : ESTABILISH,ANGLE BELAKANG RAFIK

IBU RAFIK(Melihat RAFIK mengendap keluar)
(Ekspresi marah)
 “RAFEEEEEEEKKKK”
Shoot 3 : CLOSE UP
(Meremas tepung di tangannya)
Shoot 4 : BCU
(Melemparkan tepung ke arah RAFIK)
Shoot 5 : ESTABILISH,ANGLE : DEPAN
Shoot 6 : ESTABILISH,ANGLE : BELAKANG
Shoot 7 : BCU TEPUNG MENEMPEL DI DINDING,ABGEL :SAMPING

Pintu yang baru sedikit terbuka kembali tertutup akibat hantaman tepung lemparan IBU RAFIK
CUT TO

Take 5
MINAH(Berdiri di depan pintu,kepalanya baru mau mendongah ke dalam,tiba-tiba pintu tertutup dan menghantap kepalanya. MINAH terlentang dan mengusap kepalanya,menahan sakit)
Shoot 1: ESTABILISH
Shoot 2: CLOSE UP
Shoot 3: ESTABILISH,ANGLE : SAMPING(Saat minah mendongah kepintu  dan pintu tertutup menghantam kepalanya)
Shoot 4: ESTABILISH SAAT MINAH MENGUSAP KEPALANYA DAN KESAKITAN
RAFIK (Membuka pintu dan terheran melihat MINAH di luar pintu)
Shoot 5: CLOSE UP
Shoot 6: ESTABILISH,ANGLE : BELAKANG MINAH
FADE OUT





































SCENE 26
Take 1 :
EXT.TERAS RUMAH RAFIK,MALAM
Cast : RAFIK
RAFIK(Sedang memainkan gitar dan melamun, ia merasa suntuk karena tak seperti biasanya ada HAMDAN menemaninya)
Shoot 1: CLOSE UP
“MAK…. ADA HAMDAN MADA KITUK TADIK ?”
Shoot 2: ESTABILISH
IBU RAFIK(O.S)
“MISIK KOH, DAH TIGA ARI TUK MISIK HAMDAN BEGURAU.”

RAFIK (Mengelus rambutnya,tampak penyesalan di raut wajahnya)
(Menyandarkan gitar ke dinding)
Shoot 3: ESTABILISH
“MAK, AKU NGAGAK HAMDAN LOK MAK” “SALAM LEKOM…”
Shoot 4 : CLOSE  UP
Shoot 5 : ESTABILISH
IBU RAFIK (Mendongah ke arah pintu,dari dapur)
(dengan suara datar)”LEKOM SALAM.”
Shoot 6: CLOSE UP
Shoot 7: ESTABILISH
FADE OUT

Take 2 :
EXT.DEPAN RUMAH HAMDAN,MALAM
Cast :RAFIK,Ibu Hamdan (OS)
RAFIK(Tiba di depan rumah HAMDAN, suasana rumah tampak lengang dengan pintu yg tertutup rapat)
Shoot 1 : ESTABILISH
“SALAM LEKOM….DAN…O….HAMDAN”
(mendongah,seolah memanjangkan leher, melihat kearah pintu)
Shoot 2 : CLOSE UP
CAMERA MOVE TO RUMAH HAMDAN
IBU HAMDAN (O.S)
“HAMDAN KE SURAU….”
Shoot 3 : CLOSE UP TO JENDELA RUMAH
RAFIK(Terdiam, beranjak pergi menuju surau)
Shoot 4 : ESTABILISH
FADE OUT
CON’T PAGE 48
Take 3 :
EXT.DEKAT SURAU,MALAM
Cast : RAFIK,Hamdan,Extras
Terdengar sayup suara beberapa laki-laki mengaji dari surau RAFIK (Berjalan melewati surau sembari mengintip kedalam dari jalan,tampak beberapa pemuda sedang kyusuk bertilawah. Langkahnya berhenti di depan warung dekat surau, menunggu cemas sahabatnya,HAMDAN)
Shoot 1: ESTABILISH TO SURAU & RAFIK
Shoot 2: CLOSE UP TO RAFIK SEDANG MELIRIK KE DALAM SURAU
Shoot 3: CAMERA SUDUT PANDANG RAFIK
Shoot 4: ESTABILISH (RAFIK BERHENTI DAN DUDUK DI WARUNG)
Shoot 5 : CLOSE UP (EKSPRESI RAFIK MENUNGGU CEMAS)
(Suara serempak daridalam surau)(O.S) “SADAQALLAH..UL ADZIM….”
Beberapa pemuda keluar dari surau, RAFIK melihat dengan seksama mana tau HAMDAN sudah keluar.Sesaat kemudian HAMDAN keluar bersama temannya, berbincang dengan asyik dalam perjalanan pulang.
Shoot 6: ESTABILISH PEMUDA KELUAR DARI SURAU,ANGLE:DEPAN
Shoot 7 : CLOSE UP TO HAMDAN SEDANG BERBINCANG DENGAN TEMANNYA
Shoot 8 : ESTABILISH PEMUDA DI JALAN DEPAN SURAU,ANGLE:SAMPING SAMPAI CAST BERJALAN MEMBELAKANGI KAMERA
Keasyikan bercengkerama dengan temannya,HAMDAN tak memperhatikan RAFIK yg duduk menunggunya di warung tak berlampu ditepi jalan,mata RAFIK mengikuti langkah HAMDAN, RAFIK ingin menghampiri namun ragu dan enggan. Ia kembali mengingat kesalahannya kepada sabahanya tersebut.
Shoot 9 : CLOSE UP TO RAFIK MELIHAT-LIHAT HAMDAN
Shoot 10: POV(Point Of View/Sudut pandang )RAFIK
Shoot 11 : CLOSE UP TO RAFIK
FADE OUT





SCENE 27
Take 1
INT.DAPUR RUMAH RAFIK
Cast : RAFIK,Ibu RAFIK
RAFIK Sedang bersenandung dan fokus mengasah pesok(pisau penyadap karet),aktifitasnya terhenti sejenak ketika HP nya berdering.”Satu pesan masuk”, RAFIK meraih HPnya dan membuka SMS dari LISA,”BANG,SORE TUK KE STEHER.JAM SETENGAH EMPAT PAS.”
Shoot 1: ESTABILISH
SFX : TONE SMS
Shoot 2: BIF CLOSE UP TO HP
Shoot 3 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 4 : BCU ISI SMS
CUT TO
IBU RAFIK
“FIK…NGISAK BORAS KE UMAK NONG.”
Shoot 5 : CLOSE UP
RAFIK
“AOK MAK…”
Shoot 6 : CLOSE UP
(Beranjak meraih bakul beras)
Shoot 6 : ESTABILISH
(Cek jam di HP nya sambil mencucui beras,waktu menunjukan pukul 15 lewat 5 menit)
Shoot 7 : ESTABILISH
Shoot 8 : CLOSE UP
Shoot 9 : BCU TO HP
(Meletakkan bakul beras di meja)
“MAK, AKU NAK KE STEHER TOGAL BAH”
Shoot 10 : ESTABILISH
“SALAM LEKOM”
FADE OUT

Take 2
EXT.STEHER
Cast : RAFIK,Lisa,Minah
FADE IN
LISA tampak resah menunggu RAFIK, raut wajahnya kesal . Bersedekap,ia meraih HP dari sakunya, memainkannya untuk menghilangkan kebosanan menunggu.
 Shoot 1 : ESTABILISH DELTA SUNGAI,ANGLE : SAMPING-CLOSE UP LISA
Shoot 2 : ESTABILISH LISA
CON’T PAGE 50
RAFIK berjalan tergesa menuju steher, dari kejauhan tampak LISA yang sedang menunggu
Shoot 3 : CLOSE UP
Shoot 4 : SUDUT PANDANG RAFIK
FADE OUT

Take 3 :
FADE IN
RAFIK berdiri di depan LISA-bersandar di pagar STEHER dan menatap penuh Tanya ke arah LISA, Susana hening sejenak,LISA tampak berlagak sibuk dengan HPnya,raut kekesalan di wajahnya tak bisa ia sembunyikan
Shoot 1 : ESTABILISH
RAFIK
“ADA APAI LISA NGORAH BETOMU TIH ?”
Shoot 2 : CLOSE UP
LISA Masih terdiam beberapa saat,kemudian menunjukkan HP nya ke RAFIK. “ KITA PUTUS” ,begitu tulisan besar di layar HP nya.
Shoot 3 : ESTABILISH
Shoot 4 : BCU TULISAN DI HP,ANGLE :BELAKANGRAFIK
RAFIK terhenyak, ia menenenangkan diri dan bertanya.
“SA, NGAPAI GIK TIH?”
Shoot 5 : CLOSE UP
RAFIK meraih tangan LISA, namun baru hampir sampai tanganya meraih, tangan LISA menghindar.
Shoot 6 : ESTABILISH
Shoot 7 : CLOSE UP TO TANGAN
LISA
“SADAR DIRIK BANG !(….) BEKACA BONAR-BONAR…”
Shoot 8 : CLOSE UP TO LISA
(O.S)“KALAU DI TUNAK BONAR KE PERASA, ABANG YAK BAH SAJA MADA AM PANTAS TAMAH AKU BANG”
Shoot 9 : CLOSE UP TO RAFIK(Tertunduk diam)
“UDAH GAK DI BORIK KEMOLAS, MALAH SELINGKUH AGIK”
“KAWANKU LOBIH PENTENG DARI ABANG”
LISA beranjak pergi meninggalkan RAFIK
Shoot 10 : ESTABILISH
RAFIK tertunduk dalam, tampak kecamuk perasaan di wajahnya.
Shoot 11 : ESTABILISH,ANGLE :BELAKANG RAFIK
Shoot 12 : CLOSE UP TO RAFIK

CON’T PAGE 51
LISA (O.S)
“BAJU YAK PULANG KE AKU”
LISA
“BAYAR TAU GAK,ADA DUET MADA?!”
Shoot 13 : CLOSE UP
RAFIK melepas baju pemberian LISA yg ia pakai dan memberinya kepada LISA
Shoot 14 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 15 : ESTABILISH
LISA
“SELEWAR !”
Shoot 16 : CLOSE UP TO LISA
Dengan ekspresi memelas RAFIK membuka celananya, singlet dan sempak serta sandal,hanya itu yang melekat di tubuhnya kini.
Shoot 17 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 18 : ESTABILISH
LISA balik kanan dan pergi meninggalkan RAFIK
Shoot 19 : ESTABILISH,ANGLE:FRONT
CUT TO

Take 4 :
MINAH mengintip dari sudut yang tidak di ketahui RAFIK dan LISA,tampak raut iba dari wajahnya. Matanya berkaca menahan tangis.
Shoot 1 : CLOSE UP TO MINAH
Shoot 2 : LONG SHOOT,ANGLE PUNGGUNG MINAH
Shoot 3 : CLOSE UP TO MINAH (SEDIH)
FADE OUT














SCENE 28
EXT.JALAN LABU BELAR,SORE
Cast : RAFIK,DEVI,Minah
SFX
Take 1 :
RAFIK berjalan lesu,pandangannya kosong dan sesekali menunduk sesal.
Shoot 1 : LONG SHOT
Shoot 2 : CLOSE UP
DEVI (O.S)
“BANG.!”
Shoot 3 : CLOSE UP, ANGLE : SAMPING
RAFIK terhenti dan menoleh ke arah suara yang memanggilnya.

DEVI (Dengan wajah kesal,bersedekap)
“SELUP KU PULANG KITUK!”
Shoot 4 : CLOSE UP TO DEVI

Take 2:
RAFIK bengong menatap DEVI, melepaskan sandal dan memberikannya kepada DEVI.
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK,ANGLE : BELAKANG DEVI
Shoot 2 : ESTABILISH
DEVI (Merampas kasar sandal dari tanga RAFIK)
“KITA PUTUS !!”
“KAWAN LOBIH PENTENG BANG!”
Shoot 3 : CLOSE UP TO DEVI
“DARI PADA BUJANG KERE MADA JELAS MACAM ABANG!!”
DEVI berbalik dan meninggalkan RAFIK
Shoot 4 : ESTABILISH
CUT TO
MINAH mengintip di balik dinding warung ia semakin sedih melihat perlakuan DEVI kepada RAFIK
Shoot 5 : CLOSE UP TO MINAH
Shoot 6 : LONG SHOOT TO RAFIK DAN DEVI,ANGLE: BELAKANG MINAH
FADE OUT






SCENE 29
Take 1 :
EXT.JALAN LABU BELAR-WARUNG BUJANG SEPUI,SORE
Cast : RAFIK, Minah
MINAH memandang iba RAFIK yg berjalan gontai dari kejauhan, matanya berkaca menahan kesedihan.
Shoot 1 : LONG SHOOT,ANGLE : DARI BELAKANG MINAH
Shoot 2 : CLOSE UP TO MINAH
Sementara RAFIK terus berjalan tanpa menyadari bahwa minah memperharikannya dari kejauhan,raut wajah sedih tak bisa ia sembunyikan. Matanya menerawang sementara kakinya mengayun lesu
Shoot 3 :CLOSE UP TO RAFIK
Ketika RAFIK melewati tempat dimana MINAH memperhatikannya sejak tadi. MINAH melepas alas kakinya, ia genggam dan sedekap di dadanya.
Shoot 4 : CLOSE UP TO MINAH MELEPAS SANDAL
Shoot 5 : CLOSE UP TO MINAH MEMEGANG SANDAL
RAFIK terus berjalan
MINAH (O.S)
“BANG RAFIK”
RAFIK terhenti dan menoleh ke arah MINAH
Shoot 6 : CLOSEUP TO RAFIK
MINAH muncul di hadapan RAFIK dengan wajah iba.
Shoot 7 : CLOSE UP TO MINAH,ANGLE : BELAKANG RAFIK
Sepasang sandal jepit ia sedekap erat.Menatap RAFIK dalam, mengulurkan tangan dengan sandal di tangannya.
Shoot 8 : CLOSE UP TO MINAH
Shoot 9 :ESTABILISH, ANGLE : SAMPING
RAFIK tertegun memandang MINAH, tanpa bicara ia menerima sandal dari MINAH
Shoot 10 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 11 : ESTABILISH,ANGLE : SAMPING
SFX
FADE OUT

Take 2 :
INT. RUMAH RAFIK,KAMAR,SORE
Cast :RAFIK
RAFIK (Di depan pintu rumah, berjalan masuk dengan wajah lesu)
“SALAM LEKOM...”
Shoot 1 : ESTABILISH

RAFIK berjalan menuju kamarnya, saat tiba di depan pintu kamar ia terhenti, memikirkan sesuatu kemudian kembali ke pintu luar.
Shoot 2 : ESTABILISH TO RAFIK BERJALAN MENDEKATI PINTU KAMAR SAMPAI TERHENTI SEJENAK
Shoot 3 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 4 : ESTABILISH TO RAFIK KEMBALI KE PINTU LUAR
Berdiri di depan pintu,RAFIK memandang sandal pemberian MINAH kemudian meraihnya dan membawanya masuk ke kamar dan menutup pintu kamar.
Shoot 5 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 6 : BCU TO SANDAL
Shoot 7 : BCU TO TANGAN RAFIK MERAIH SANDAL
Shoot 8 : ESTABILISH SAAT RAFIK MASUK KE KAMAR HINGGA MENUTUP PINTU KAMAR
FADE OUT

Take 3 :
INT. RUMAH RAFIK,KAMAR,SORE
Cast : Ibu RAFIK

IBU RAFIK menghampiri kamar RAFIK,dengan sepiring nasi di tangannya ia memanggil RAFIK dari depan pintu yang terkunci.
Shoot 1 : ESTABILISH
Shoot 2 : BCU TO PIRING NASI
IBU RAFIK (dengan nada halus)
“FIK.... MAKAN LOK NONG..”
“NGAPAI MOKAM DI KAMAR TIH, DAH BEROPAI ARI TUK UMAK MISIK ngeronong ikau keluar.”
Shoot 3 : ESTABILISH,ANGLE : SAMPING
“FIK... NONG E...”
“TUK DEH, UMAK MAWAK NASIK,BUKAK AM LOK...”
Shoot 4 : CLOSE UP
Tak ada jawaban dari RAFIK
Shoot 5 : ESTABILISH TO PINTU KAMAR RAFIK

Take 4 :
INT. RUMAH RAFIK,KAMAR,SORE
Cast : Ibu RAFIK,Hamdan
FADE IN
TEXT : “TIGA HARI KEMUDIAN”
IBU RAFIK
(O.S)“FIK...”(Sambil mengetuk pintu kamar RAFIK)
Shoot 1 : BCU TO TANGAN IBU RAFIK MENGETUK PINTU KAMAR

IBU RAFIK
“HAMDAN BEGURAU DEH... KELUAR AM LOK NONG...”
Shoot 2 : ESTABILISH,ANGLE: SAMPING
IBU RAFIK dengan sedih dan berlinang air mata ia memohon bantuan HAMDAN.
“TULO...NG AM NONG E,MINTA RELA IKAU MUJOK IA KELUAR”(Sambil menyeka air matanya)
Shoot 3 : CLOSE UP TO IBU RAFIK MENYEKA AIR MATA
Shoot 4 : CLOSE UP TO HAMDAN
HAMDAN mengetuk pintu kamar
“FIK...O...FIK” (mengetuk lagi)
“BAYAH AM PIYAK GILAK E..”
“MOLAS MANTAU UMAK KAU DEH.”
“KALAU ADA PERIHAL,BEPAHAM TAMAH KAWAN BAH...”
“PIKER UMAK KAU JAK...”
“MADA MOLAS KAH MANTAU URANG TUA ? “
Shoot 5 : CLOSE UP
Lagi, taka da jawaban dari RAFIK
Shoot 6 : PINTU KAMAR RAFIK
FADE OUT






















SCENE 30
INT. RUMAH RAFIK
Cast : RAFIK, Ibu RAFIK,Hamdan

Take 1 :
Pintu kamar RAFIK masih tertutup rapat hingga hari ke empat
Shoot 1 : PINTU KAMAR RAFIK
TEXT : “HARI KEEMPAT”
IBU RAFIK berdiri di depan pintu kamar RAFIK, di tangannya ada sepiring nasi dan segelas air putih. Dengan raut penuh kesedihan ia menaruh makanan di depan pintu kamar RAFIK, berharap anaknya keluar.
Shoot 2 : ESTABILISH
Shoot 3 : BCU TO TANGAN IBU RAFIK MENARUH MAKANAN
HAMDAN menunggu cemas di luar, sesekali ia menerawang ke arah pintu kamar RAFIK penuh kecemasan.
Shoot 3 : ESTABILISH TO HAMDAN DI TERAS DAN MEOLEH KE ARAH PINTU KAMAR
Shoot 4 : SUDUT PANDANG HAMDAN

Take 2 :
IBU RAFIK (Duduk lesu tersandar di samping pintu kamar RAFIK, berlinang air mata)
Shoot 1 : ESTABILISH
Shoot 2 : CLOSE UP TO IBU RAFIK MENGUSAP AIR MATANYA
IBU RAFIK dengan suara berat dan sedih sambil menangis,matanya tertuju pada pintu kamar
“UMAK MINTA RELA KE IKAU FIK”(terisak tangis sambil mengusap air mata)
“BAYAH AM MULAH UMAK PITUK”
“IKAU JAK AM RETA UMAK DI DUNIA TUK”
“APAK KAU DAH MISIK”
“SOPAI AM AGIK PENGARAP UMAK BAH NONG ..”
Shoot 3 : CLOSE UP
CUT TO

Take 3 :
Sementara sahabat dan ibunya khawatir akan yang terjadi padanya, ternyata di dalam kamar RAFIK sedang makan dengan lahap, tampak di hadapannya snack,minuman dan roti yang cukup untuk persediaan seminggu tanpa keluar kamar.
Shoot 1: BCU TO PERSEDIAAN MAKAN RAFIK
CON’T PAGE 57
Shoot 2 : CLOSE UP TO RAFIK MAKAN ROTI DAN MENENGGAK SEBOTOL AIR MINERAL
RAFIK tampak asyik mengunyah makanannya,namun sesaat kemudian ia terdiam-terpaku pada sepasang sandal jepit di hadapannya.Ia teringat kenangan tentang MINAH.
Shoot 3 : CLOSE UP TO RAFIK
Shoot 4 : BCU TO SANDAL
INSERT:
SCENE 29;TAKE 1;SHOOT 8 s/d 9
SCENE 5;TAKE 5;SHOOT 3
Shoot 5 : CLOSE UP TO RAFIK
































SCENE 31
INT. RUMAH RAFIK
Cast : RAFIK, Ibu RAFIK,Hamdan

Take 1 :
IBU RAFIK duduk lemas, bersandar pada dinding dan menatap pintu kamar RAFIK, sementara hamdan duduk bersila disampingnya. Mereka menanti dengan sedih kehadiran RAFIK dari balik pintu kamar.
Shoot 1 : ESTABILISH
Shoot 2 : CLOSE UP TO IBU RAFIK
Shoot 3 : CLOSE UP TO HAMDAN

Take 2 :
Di dalam kamar, RAFIK beranjak,berdiri di depan pintu,matanya sesaat tertuju pada sepasang sandal “Swallow” warna hijau yg sudah lusuh.
Shoot 1 : ESTABILISH, ANGLE : KAMERA DARI BELAKANG RAFIK
Shoot 2 : CLOSE UP TO RAFIK MEMANDANG PINTU DAN MENOLEH KE ARAH SANDAL
Shoot 3 : BCU TO SANDAL

Take 3 :
Nampak pintu kamar RAFIK terbuka pelan
Shoot 1 : ESTABILISH TO PINTU KAMAR TERBUKA PELAN
IBU RAFIK menatap ke arah pintu kamar dengan penuh harap
Shoot 2 : CLOSE UP
RAFIK muncul dari balik pintu, wajahnya tertunduk
Shoot 3 : ESTABILISH
RAFIK mengangkat wajahnya, memandang dalam ibunya
Shoot 4 : CLOSE UP
RAFIK menghampiri ibunya dan berlutut di pangkuan ibunya, sementara IBU RAFIK memandangi anaknya yang menghampirinya dengan air mata yg terus mengalir.
Shoot 5 : CLOSE UP TO IBU RAFIK
Shoot 6 : ESTABILISH TO IBU RAFIK,ANGLE : BELAKANG RAFIK
Shoot 7 : CLOSE UP TO RAFIK SUNGKEM DI PANGKUAN IBUNYA,ANGLE :BELAKANG HAMDAN



Take 5 :
RAFIK dengan isak dan tangisnya sungkem di pangkuan ibunya
“AKU MINTA AMPUN KE UMAK MAK..”
“SELAMAK TUK AKU DERAKA KE UMAK”
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK SUNGKEM DI PANGKUAN IBUNYA,ANGLE :BELAKANG HAMDAN
IBU RAFIK menangis, mengelus kepala anaknya
“MISIK KELASAH IKAU BAH NONG..”
“UMAK IKHLAS..”
“UMAK BOLEK MANTAU IKAU UPA TUK AGIK”
“MINTAK RELA...KE IKAU NONG”
Shoot 2 : ESTABILISH
“RETA UMAK DI DUNIA TUK IKAU JAK AM FIK..”
Shoot 3 : CLOSE UP TO IBU RAFIK

Take 6 :
RAFIK menatap HAMDAN dengan penuh air mata.
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK,ANGLE : BELAKANG HAMDAN
RAFIK memeluk HAMDAN dan meminta maaf kepada sahabatnya atas kesalahannya selama ini.
Shoot 2 : ESTABILISH,ANGLE : SAMPING
RAFIK
“DAN, MINTAK MAAF LAHER BATEN DAN”(Sambil menangis di pelukan HAMDAN sejenak, kemudian melepas pelukan persahabatan mereka)
Shoot 3 : CLOSE UP TO RAFIK
RAFIK bergeser ke samping HAMDAN,tertunduk dan mengusap air matanya
Shoot 4 : ESTABILISH
HAMDAN memegang bahu RAFIK
“BAYAH AM MIKER E FIK”
Shoot 5 : CLOSE UP TO HAMDAN
“KITA TUK DAH DARI MERAH DAMPAK BEKAWAN”
“MADA PAHAM AKU NAK SAKIT ATI KE IKAU FIK”
“CUMA AKU MINTAK DENGAN IKAU... BAYAH AM MULAH DERIK UPA TUK AGIK”
“BAYAH NGARAP JOLU YANG MODEL YAK AGIK FIK,SYIRIK “
“DOSA E MADA TE AMPUN ... KITA TUK MISIK AM KE LAIN NTIK NAK MINTAK YANG BAIT-BAIT”
“CUKUP LAH ALLAH JADI PENULONG KITA”
“AKU BAH SAJA KOSAL MANTAU IKAU MADA NINGA PADAH AKU ARI YAK TIH”

CON’T PAGE 60
Shoot 6 : ESTABILISH
“MISIK GUNA E PECAYAK KE SEGELA BATU CINCIN”
“KITA TUK URANG BERIMAN BETUHAN”
“KALAU KITA BENIAT BEAJAT...BE DOA...USAHA BONAR-BONAR”
“MADA MUNGKIN ALLAH MADA MORIK FIK”
Shoot 7 : CLOSE UP TO HAMDAN

RAFIK tertunduk
“YAK AM DAN, SAJA NYOSAL PERASA KU DAN”
“BAK AM AKU MAUK NINGA KATA DERIK ARI YAK”
Shoot 8 : CLOSE UP
“MADA AKU UPA TUK”(Sambil menoleh ke HAMDAN)
Shoot 9 : ESTABILISH
FADE OUT





SCENE 32
INT. RUMAH RAFIK
Cast : RAFIK,Ibu RAFIK,Hamdan,Lia,Ibu Lia

Take 1 :
Terdengar orang memberi salam dari luar pintu rumah
(O.S)IBU LIA (Dengan suara berat dan terdengan lemas)
“SALAM LEKOM..”
“NONA...”
Shoot 1 : CLOSE UP TO DUA PASANG KAKI BERDIRI DI DEPAN PINTU
IBU RAFIK(menoleh keluar)
“LEKOM SALAM...”
“OI....INAK, TAMAK AM NAK...”
Shoot 2 : CLOSE UP TO IBU RAFIK
RAFIK dan HAMDAN saling pandang keheranan, diam seribu bahasa
Shoot 3 : ESTABILISH TO RAFIK DAN HAMDAN

Take 2 :
LIA dan IBUNYA duduk di samping IBU RAFIK
Shoot 1 : CLOSE UP TO IBU RAFIK,ANGLE : BELAKANG IBU LIA
IBU LIA (O.S)
“ADA AJAT BOSAR INAK TUK BEGURAU NONA.”
Shoot 2 : CLOSE UP TO IBU RAFIK,ANGLE : BELAKANG IBU LIA
IBU LIA membisikkan sesuatu kepada IBU RAFIK,setelah mendengar bisikan tersebut senyum bahagia mekar di wajah IBU RAFIK,ia memandangi IBU LIA penuh kebahagiaan,tangan mereka saling berpegangan mesra.
Shoot 3 : CLOSE UP TO IBU RAFIK
Shoot 4 : BCU TO TANGAN BERPEGANGAN
Melihat LIA di depannya, RAFIK mengusap bersih air matanya dengankedua tangannya. Ia mengangguk tanda menegur dan menatap segan LIA.
Shoot 5 : CLOSE UP TO RAFIK,ANGLE : BELAKANG LIA
IBU LIA berpindah mendekati RAFIK, memegang wajah RAFIK. RAFIK menatap heran IBU LIA, menoleh ke HAMDAN
Shoot 6 : CLOSE UP TO RAFIK,ANGLE : BELAKANG IBU LIA
Shoot 7 : CLOSE UP TO TANGAN IBU LIA MENYENTUH WAJAH RAFIK
Shoot 8 : CLOSE UP TA HAMDAN

IBU LIA (O.S)
“LAWAR.... CALON MENANTU UMAK NOK NONG...”(Kemudian melepaskan tangannya dari wajah RAFIK)
Shoot 9 : CLOSE UP TO TANGAN IBU LIA MENYENTUH WAJAH RAFIK
RAFIK syok mendengar apa yang baru saja IBU LIA ucapkan,ia menoleh ke arah LIA, LIA memandang malu tapi mau kepada ke RAFIK.Sesaat kemudian tertunduk dan tersipu lalu menatap RAFIK kembali.
Shoot 10 : CLOSE UP TO LIA,ANGLE : BELAKANG RAFIK
Shoot 11 : CLOSE UP TO RAFIK,ANGLE : BELAKANG LIA
Shoot 12 : CLOSE UP TO LIA
INSERT
SCENE 4; TAKE 2 ,3
SCENE 10;TAKE 5,7,8
RAFIK menyentuh keningnya dengan bahu tangannya sendiri kemudian mencubit pipinya sendiri, mengecek apakah ia sedang mengigau atau bermimpi.
Shoot 13 : CLOSE UP TO RAFIK

Take 3
RAFIK mencubit kaki HAMDAN
“DAN, TUK MADA TONGAH MIMPI KAH DAN ?”
Shoot 1 : CLOSE UP TO RAFIK
HAMDAN kesakitan
(O.S)“AKAI!!”
Shoot 2 : BCU TO TANGAN RAFIK MENCUBIT HAMDAN
“TI HAPAI KAU TIH FIK”
“BILA GIK MIMPI TUK TIH”
Shoot 3 : CLOSE UP TO HAMDAN
IBU RAFIK dan IBU LIA saling pandang,tersenyum bahagia
Shoot 4 : ESTABILISH
FADE OUT









SCENE 33
EXT. KOLAM PEMANCINGAN IKAN,SIANG
Cast : RAFIK,Hamdan,Lia,Minah,Anak Hamdan dan Minah

Tujuh tahun berlalu sejak moment krusial di hidup RAFIK,LIA dan RAFIK telah menikah namun belum di karuniai anak. Sementara HAMDAN telah memiliki seorang anak perempuan, buah cintanya dengan MINAH. Kehidupan RAFIK meningkat pesat semenjakdisadarkan oleh HAMDAN, ia kini memiliki usaha sendiri(Usaha kolam tempat pemancingan ikan) dan maju pesat.

Take 1 :
FADE IN
TEXT :” TUJUH TAHUN KEMUDIAN”
RAFIK sedang menunggu umpan kailnya di sambar ikan.Beberapa saat kemudian kail RAFIK pun membungkuk ditarik ikan.
Shoot 1 : BCU TO JORAN PANCINGAN RAFIK SAMPAI MELENGKUNG DITARIK IKAN

Tampak ikan menggeliat,bergelantungan di tali pancing RAFIK,tangan LIA sigap meraihnya,lia bertatap mesra dengan RAFIK
Shoot 2 : BCU TO IKAN YG KEMUDIAN TANGAN LIA MERAIHNYA
Shoot 3 : CLOSE UP TO LIA
LIA (O.S)
“SATU...KOSONG.”
Shoot 2 : ESTABILISH TO HAMDAN DAN MINAH
HAMDAN
“ALAH...HAI”
Shoot 3 : CLOSE UP
MINAH (O.S)
“BANG, NAI BULIH KITA BANG ?”
Shoot 4 : BCU TO JORAN PANCING
HAMDAN
“PENA..GAK AM...TENNANG...JAK IKAU DEK...”
Shoot 5 : CLOSE UP TO HAMDAN
MINAH
“LAMAK BONAR AM BANG” “ABANG MADA PANAI BAH EH”

HAMDAN (AKSEN SELIMAU)
“ABANG TUK PAKAR BATU...”
“MASA ALAH KAEL MENGAEL MADA PAHAM...”
Shoot 5 : ESTABILISH TO HAMDAN DAN MINAH,ANGLE : SAMPING

Take 2 :
EXTRAS(O.S)
“PAK, JOLU MAKAN DAH SIAP SEMUA AM,NAK MAKAN DONAI PAK ?”
Shoot 1 : CLOSE UP RAFIK DAN LIA,ANGLE : SAMPING
LIA menoleh ke arah extra
“TINGAL JAK RI,KOLAK IBUK NYIAP E”
Shoot 2 : CLOSE UP TO LIA
(O.S)“MINAH... TAMAH KAKAK BOH”
Shoot 3 : LONG SHOOT TO MINAH
MINAH menoleh ke arah LIA
“AOK KAK”
Shoot 4 : CLOSE UP TO MINAH
Take 3 :
FADE IN
Shoot 1 : LABEL KOLAM PEMANCINGAN :”RAFIK STRIKE:Kolam pemancingan,resto Fresh Fish dan keramba budi daya ikan”
CUT TO
Shoot 2 : ESTABILISH TO AKTIFITAS PENGUNJUNG

RAFIK dan HAMDAN duduk berdampingan,saling memperhatikan joran miliknya sendiri.
FADE IN
Shoot 2 : ESTABILISH TO RAFIK DAN HAMDAN,ANGLE : SAMPING
RAFIK
“MAKASIH BANYAK DAN”
(JEDA)
“KALAU MADA DERIK NYERAMAH AKU TUJUH TAON LALU, MUNGKIN MADA UPA TUK IDUP KU DAN”

HAMDAN
“YAK AM GUNA KAWAN TIH FIK”
“SUSAH SENANG BESAMA”
Shoot 4 : ESTABILISH,ANGLE : DEPAN (CAMERADARI TENGAH KOLAM)



Take 4 :
Cincin yang RAFIK pakai ternyata sudah di jualnya kepadapenadah cincin dan dipajang oleh penadah di etalase tokonya.
FADE IN
Shoot 1 : BIG CLOSE UP TO CINCIN
Extra;pembeli (O.S)
“BANG,NGERONONG YANG TUK BANG”(Menunjuk kearah cincin bekas milik RAFIK)

EXTRA;PENJUAL
Mengabil dari etalase dan meletakannya di atas kaca etalase.

EXTRA;PEMBELI (O.S)melihat-lihat cincin tersebut
“BEROPAI YANG TUK BANG ?”

EXTRA;PENJUAL(O.S)
“YAK 250 JAK...”

EXTRA;PEMBELI meletakan uang 250 ke meja etalase

EXTRA;PENJUAL (O.S) meraih uang
“PASSSS”
“MADA NAK DI KOTAK KAH CINCIN E ?”

EXTRA;PEMBELI (O.S)
“BAYAH AM BANG,PAKAI LANGSONG AM”
(meraih cincin dan memasukkannya ke jari manisnya,menggerak-gerakkan tangannya memperhatikan kecocokan cincin dengan tangannya)
Shoot 2 : BCU TO OBJECT
TEXT : “SELESAI”
CREDIT

0 komentar:

Post a Comment